Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Waspada! Interpol Peringatkan Vaksin Virus Corona Dapat Jadi Sasaran Penjahat

1 min read
hacker vaksin corona 1024x640 - Waspada! Interpol Peringatkan Vaksin Virus Corona Dapat Jadi Sasaran Penjahat

Ituaja.com – Interpol memperingatkan bahwa jaringan kriminal terorganisir menargetkan vaksin corona sebagai sebagai bagian tindak kejahatan.

Mengutip Reuters, Interpol mengingatkan hal tersebut pada Rabu (2/12). Disebutkan juga bahwa bentuk kejahatan yang dilakukan dapat berupa menjual vaksin corona palsu.

Interpol, yang berpusat di Prancis, telah mengeluarkan peringatan global guna menegakkan hukum di 194 negara anggotanya. Setiap negara diminta untuk mempersiapkan diri akan kejahatan terorganisir yang menargetkan vaksin corona, baik secara fisik maupun online.

Sekretaris Jenderal Interpol, Juergen Stock, mengatakan organisasi kriminal berencana untuk menyusup dan mengganggu persiapan vaksin COVID-19. Ia juga mengatakan para penjahat dapat menyusup ke lingkungan masyarakat tidak curiga akan iklan atau pengobatan palsu.

“Saat pemerintah bersiap untuk meluncurkan vaksin, organisasi kriminal berencana untuk menyusup atau mengganggu pasokan vaksin,” ucap Stock.

“Jaringan kriminal juga akan menyasar ke lingkungan masyarakat yang tidak menaruh curiga terhadap situs palsu dan pengobatan palsu yang dapat menimbulkan risiko signifikan bagi kesehatan mereka, bahkan nyawa mereka,” sambung dia.

Pada Rabu (2/12) dunia dihebohkan dengan keputusan Inggris mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer. Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mengeluarkan izin tersebut.

Setelah izin keluar, Inggris berencana melakukan vaksinasi tahap awal pada pekan depan. Sementara negara-negara Eropa lain yang masih menunggu keputusan Uni Eropa terkait izin guna vaksin, mayoritas merencanakan vaksinasi pada awal 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *