Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Tips Diet Untuk Mengatasi Depresi

2 min read
Tips Diet Untuk Mengatasi Stress

Ituaja.com – Ada beragam pola makan atau diet yang bisa dilakukan setiap orang. Namun untuk membantu menangani depresi, apa saja diet yang tepat? Apakah termasuk diet mediterania?

Diet Mediterania adalah diet yang diadaptasi dari pola makan penduduk yang tinggal di kawasan Mediterania. Metode diet ini menggunakan sayuran, buah, mengurangi asupan lemak tidak sehat, mengonsumsi protein, dan memilih camilan yang sehat.

Camilan sehat terdapat di yoghurt, buah, dan kacang-kacangan. Diet ini diyakini bisa mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, dan sejumlah penyakit lainnya.

BACA JUGA :
Masker Jadi Tak Berguna Jika 4 Hal Ini Dilakukan saat Menggunakannya

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kita secara keseluruhan, akan tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa diet mediterania adalah pola makan yang kuat yang dapat membantu Anda mengelola depresi klinis.

Sebagus demikian diet Mediterania, ini bukan satu-satunya rencana diet yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Hal itu dinyatakan oleh Profesor Felice Jacka, direktur Food and Mood Center yang dipimpin oleh Deakin University.

Ia menjelaskan bahwa diet internasional lain yang menawarkan prinsip-prinsip serupa dengan diet gaya Mediterania dapat sama efektifnya dalam mengobati atau mencegah depresi.

“Apa yang kami masukkan ke dalam mulut kami adalah relevan, tidak hanya untuk kesehatan fisik kita tetapi untuk kesehatan mental dan kesehatan otak kita,” ujar Prof. Jacka, yang juga presiden Masyarakat Internasional untuk Penelitian Psikiatri Nutrisi, dikutip dari SBS.

“Tapi saya tidak berpikir ada sesuatu yang istimewa tentang diet Mediterania karena kita tahu bahwa diet tradisional di seluruh dunia dikaitkan dengan pengurangan risiko depresi,” tambahnya.

Diet tradisional lainnya

Ia menekankan diet tradisional lainnya pun baik. Misalnya, apabila Anda berpikir tentang diet tradisional di Norwegia, itu juga kaya akan sayuran, biji-bijian, dan ikan.

“Jika Anda berpikir tentang diet tradisional di Jepang, mereka kaya akan sayuran, makanan fermentasi, protein kedelai, dan ikan,” paparnya.

Pedoman diet Jepang, juga telah diidentifikasi sebagai alasan yang memungkinkan mengapa wanita Jepang memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. Jika dilihat dari jenis pola makan yang dilakukan, tidak jauh berbeda.

BACA JUGA :
Merokok Membuat 1 dari 3 Remaja Berisiko Tinggi Terkena Covid-19

Prinsip-prinsip diet terkenal ini termasuk konsumsi biji-bijian, ikan, buah, susu, dan kacang-kacangan. Selain itu, menghindari terlalu banyak konsumsi garam dan lemak, menikmati makanan, serta melacak apa yang Anda makan, dan makan makanan seimbang secara teratur setiap harinya.

“Sekarang pikirkan tentang diet tradisional di Mediterania atau bahkan Inggris, Australia, dan Amerika. Mereka secara tradisional tinggi dalam makanan utuh, serta rendah makanan olahan atau junk food yang tanpa nutrisi dan tinggi lemak tambahan, garam, gula buatan, juga pengemulsi,” jelasnya.

Prof. Jacka menekankan makanan yang ditanam dan diproduksi di pertanian, yang tidak diganggu, adalah apa yang harus kita makan. “Sebaliknya, makanan yang diproses tak harus dikonsumsi banyak-banyak untuk memaksimalkan kesehatan mental fisik kita,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *