Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

TELKOM Ketahuan Curi Data Browsing Pelanggan, Berikut Klarifikasi Dari Pihak TELKOM

2 min read
TELKOM KetahuanCuri Data Browsing Pelanggan, Berikut Klarifikasi Dari Pihak TELKOM

Ituaja.com – Ketua Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, membongkar tindakan curang yang dilakukan oleh Telkom terhadap pengguna Indihome yang diunggah dalam akun twitternya @ secgron.

“Tidak diketahui berapa banyak data yang sudah mereka dapatkan,” tulis Teguh dalam akun twitternya tersebut.

Pelacakan Teguh menemukan Indihome memasang script untuk melacak data riwayat browsing internet penggunanya dan dikirim ke Metranet, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang iklan digital.

image 1 - TELKOM Ketahuan Curi Data Browsing Pelanggan, Berikut Klarifikasi Dari Pihak TELKOM

Menurut Teguh, tindakan Telkom itu melanggar syarat dan ketentuan Indihome poin ke-8 yang mereka buat sendiri. Aturan itu berbunyi,”Telkom dilarang melakukan perubahan dalam bentuk apapun terhadap jaringan layanan IndiHome dan dilarang mengenakan sanksi kepada pelanggan kecuali sesuai dengan ketentuan Kontrak Berlangganan.”

image 2 - TELKOM Ketahuan Curi Data Browsing Pelanggan, Berikut Klarifikasi Dari Pihak TELKOM

Baca Juga : Dengar Suara Dakwaan Jaksa, Jerinx: Sebenarnya Salah Saya Apa?

Teguh kemudian membahas tentang tindakan Telkom itu dengan Arietha Eleison Sembiring, salah satu peneliti di Tordillas. Teguh bilang, menurut Atietha, yang dilakukan Telkom dan Indihome itu melanggar pasal 32 ayat 1 UU ITE.

image 3 - TELKOM Ketahuan Curi Data Browsing Pelanggan, Berikut Klarifikasi Dari Pihak TELKOM

Teguh menambahkan, tindakan Telkom menanam script untuk melacak riwayat penjelajahan pengguna itu sebenarnya telah pernah diadukan ke BRTI sejak 2018 lalu. Namun, saat itu, layanan Telkom di Twitter mengatakan itu adalah tindakan legal.

Pada hari yang sama, Teguh juga membuat petisi online di Change. org dengan judul “Indihome, Berhenti Mencuri Browsing History Pelanggan.” Hingga Jumat siang ini, petisi yang dilayakan ke Ombudsman Indonesia itu sudah diteken oleh lebih dari 1.000 orang.

Baca Juga : Gmail Kini Sudah Dapat Dipakai Sebagai Aplikasi Email Default di IOS 14

Di sisi lain, Indihome menjawab tuduhan tersebut. Indihome menjelaskan Telkom tidak pernah menjual atau menyerahkan data pelanggan kepada pihak ketiga.

telkom iklan - TELKOM Ketahuan Curi Data Browsing Pelanggan, Berikut Klarifikasi Dari Pihak TELKOM

Telkom juga mengatakan senantiasa mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk peraturan terkait dengan perlindungan data pribadi.

Telkom Indonesia tidak menjual atau menyerahkan data pelanggan kepada pihak ketiga secara melawan hukum, dan tidak mengambil keuntungan ekonomis dari data pelanggan tersebut,” kata Telkom di akun Twitter Indihome, Kamis (17/9).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *