Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Tahukah Kamu? Ternyata Zaman Es itu Memang Ada!

1 min read
Tahukah kamu? Ternyata Zaman Es itu memang ada!

Tahukah kamu? Ternyata Zaman Es itu memang ada!

Zaman es adalah suatu periode waktu di mana bumi mengalami penurunan suhu secara bertahap. Penurunan suhu tersebut menyebabkan lapisan es yang menutupi permukaan bumi menjadi sangat luas, bahkan sampai mencakup sebagian besar wilayah bumi.

Satu periode zaman es bisa terjadi selama beberapa ratus juta tahun. Selama jangka waktu tersebut, ada dua fase waktu yang bisa terjadi bergantian, yaitu glasial dan interglasial. Glasial adalah fase zaman es di mana suhu bumi benar-benar sangat dingin. Sedangkan interglasial adalah fase zaman es di mana suhu bumi menjadi lebih hangat.extreme cold getty 10 - Tahukah Kamu? Ternyata Zaman Es itu Memang Ada!

Maka jika didefinisikan secara sederhana, ilmuwan mengartikan zaman es sebagai periode waktu di mana masih terdapat lapisan es abadi di bagian utara maupun selatan bumi.

Baca Juga : Mimpi Buruk Tukang Sampah di Tengah Corona

Kalau mengacu pada definisi tadi, kamu mungkin bertanya: kalau begitu sekarang kita hidup di zaman es dong? Ya! Mungkin terdengar mengejutkan, tapi karena di kutub utara dan kutub selatan bumi saat ini masih terdapat lapisan es abadi, maka secara teknis saat ini kita hidup di zaman es.

extreme cold getty 12 - Tahukah Kamu? Ternyata Zaman Es itu Memang Ada!

Lebih tepatnya, kita berada di fase interglasial dari zaman es. Sehingga meskipun termasuk zaman es, suhu bumi saat ini terbilang cukup hangat bagi kita.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Film Cinta Tak Berbalas yang Bikin Nyesek 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *