Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Software Notepad++ Diblokir dari Tiongkok Usai Merilis Update Baru.

1 min read
Software Notepad++ Diblokir dari Tiongkok Usai Merilis Update Baru.

Software Notepad++ Diblokir dari Tiongkok Usai Merilis Update Baru.

ituaja.com – Buat kalian pengguna PC terutama bagi programmer pasti kenal dengan aplikasi bernama Notepad++. Ya, aplikasi tersebut berfungsi sebagai Text Editor seperti Notepad di Windows namun dapat membuka banyak file contohnya file bahasa pemrograman dengan lebih terstruktur sehingga lebih mudah dibaca.

Namun baru-baru ini ada kabar buruk yang datang dari aplikasi buatan developer asal Prancis tersebut. Diketahui bahwa baru saja aplikasi Notepad++ telah diblokir dari Tiongkok setelah menggulirkan update.

Diketahui bahwa update yang dihadirkan oleh Notepad++ mengandung unsur kata-kata yang dilarang saat ini di Tiongkok. Disebutkan bahwa Notepad++ sengaja menggulirkan update dengan nama ‘Free Uyghur’ dan ‘Stand with Hong Kong’.

Karena kata-kata tersebut saat ini cukup sensitif terhadap pemerintah Tiongkok, alhasil Notepad++ langsung diblokir oleh pemerintah Tiongkok sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Berdasarkan informasi dari TechCrunch, situs utama dari Notepad++ masih dapat diakses di Tiongkok. Tapi link unduhan (download) untuk file .exe dari aplikasi tersebut telah diblokir sehingga pengguna yang ada di Tiongkok tidak bisa mengunduhnya.

Disebutkan juga bahwa sebenarnya pemblokiran ini sudah terjadi pada tanggal 12 Agustus ketika salah satu pengguna melaporkan hal tersebut kepada Don Ho, pengembang aplikasi Notepad++. Masih belum diketahui apakah Don Ho bakal menghubungi pihak Tiongkok untuk mengatasi masalah ini atau tidak.


Baca Juga:

Bawa Ganja, ASN Lapas Ini Diringkus Polisi

Koeman: Messi Adalah Barcelona dan Barcelona adalah Messi!

Makan Pizza dan Minum Boba Panjang Umur Nenek 83 Tahun ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *