Sat. Jan 23rd, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Sidang Pemakzulan Terhadap Trump akan Dilaksanakan tanggal 8 Februari

2 min read
Sidang Pemakzulan Terhadap Trump

ItuAja.com – Mantan presiden AS Donald Trump akan melaksanakan sidang pemakzulan pada tanggal 8 Februari. Waktu pelaksanaan sidang ini diberitahukan oleh Senat AS yang sebelumnya ialan senator senior dari Partai Republik mengusulkan penundaan.

Pelaksanaan sidang pemakzulan Trump pada tanggal 8 februari mendatang ialah kesepakatan antara Schumer dengan pemimpin minoritas senat, Mitch McConnell, dari partai republik.

MrConnel pun dilaporkan ingin memberikan waktu kepada tim kuasa hukum Trump agar mempersiapkan dirinya selama dua pekan. Sebelum akhirnya pemakzulan di laksanakan oleh senat. Disisi yang lain penundaan ini juga memberikan waktu kepada senat untuk bisa menjalankan agenda agenda penting yang lainnya. Termasuk dengan penetapan calon anggota kabinet Presiden Joe biden.

Pada tanggal 13 januari lalu Trump telah dimakzulkan yang kedua kalinya, sepekan sebelum ia mengakhiri masa jabatannya. Trump sendiri dimakzulkan atas tuduhan penghasutan pemberontakan yang berhubungan dengan kerusuhan di Gedung Capitol pada tanggal 6 januari lalu.

Para anggota DPR AS yang telah diberi tugas oleh ketua DPR AS, nancy pelosi, menjadi manajer pemakzulan dan anggota dari tim kuasa hukum trump. Lalu mereka diberikan waktu untuk menyusun argumen hukum masing- masing.

Baca Juga : Terkait Insiden Pesawat SJ182, Jokowi : Pemeriksaan Pesawat Harus Ditingkatkan

“Jika argumen telah disusun, presentasi oleh para pihak akan dimulai pada tanggal 8 Februari” Ucap Schumer.

Schumer pun telah memberitahukan jika selama dua pekan kedepan, senat AD akan melaksanakan sidang penetapan calon anggota kabiner Biden. Serta melakukan voting ‘RUU bantuan Covid yang akan diberikan kepada jutaan warga Amerika yang menderita selama masa pendemi

Senat AS sidang pemakzulan trump 1 300x212 - Sidang Pemakzulan Terhadap Trump akan Dilaksanakan tanggal 8 Februari

“Pemulihan dan juga persatuan akan ada jika terdapat kebenaran dan juga pertanggung jawaban, maka itu lah yang akan diberikan oleh sidang ini.” Ucap Schumer.

Sebagai seorang juri yang ada di dalam persidangan, para Senator As akan menentukan apakah trump bersalah atas tuduhan yang diberikan kepadanya. Jika ia dinyatakan bersalah maka trump akan dimakzulkan sepenuhnya. Ia pun memiliki potensi dilarang untuk memegang jabatan publik dimasa yang akan datang. Terutama untuk maju menjadi capres pada tahun 2024 nanti.

Trump dikenakan satu pasal pemakzulan, yaitu melakukan penghasutan pemberontakan. Ia berperan sebagai penghasut pada pendukung nya di dalam pidato di Washington pada tanggal 6 Januari yang lalu, sebelum akhirnya para pendukung trump menyerbu dan juga memicu kerusuhan yang ada pada Gedung capitol AS.

Kerusuhan yang terjadi ini telah mengancam nyawa para anggota Kongres AS dan juga mantan wakil presiden Mike Pence yang saat itu tengah memimpin sidang pengesahan kemenangan biden di dalam pilpres. Dan mengakibatkan satu polisi tewas di dalam kerusuhan gedung Capitol itu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *