Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Sangat Bekerja Keras, Setelah Omnibus Law! Kali Ini DPR Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol

1 min read
Sangat Bekerja Keras, Setelah Omnibus Law! Kali Ini DPR Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol

Ituaja.com – Nampaknya DPR sangat bekerja keras demi masa depan bangsa Indonesia. Setelah mengesahkan UU Omnibus Law (Cipta Kerja), kali ini DPR tengah membahas RUU Larangan Minuman Beralkohol yang sebelumnya telah diusulkan oleh 21 anggota DPR dari Fraksi PPP, PKS, dan Gerindra.

Pembahasan RUU ini diketahui terus mengalami penundaan sejak pertama kali diusulkan pada 2015 lalu. RUU ini kemudian masuk kembali dalam daftar Prolegnas Prioritas 2020 sebagai usul inisiatif DPR RI.

Baca Juga : Mengenal Audrey Yu, Anak Jenius Dari Indonesia Yang Dibawa Ke Dokter Jiwa Karena Terlalu Pintar

Jika RUU tersebut disahkan menjadi UU, setiap orang yang memproduksi, menjual, menyimpan, maupun mengkonsumsi minuman alkohol terancam pidana. Hukuman maksimal adalah 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

12 - Sangat Bekerja Keras, Setelah Omnibus Law! Kali Ini DPR Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol
Kenapa kami ngotot? Karena ini berkaitan dengan penyelamatan moralitas anak bangsa, menyelamatkan nasib generasi masa depan kita,” kata Anggota Baleg Fraksi PKS Bukhori Yusuf , Jumat (13/11).

Baca Juga : Irwan Mussry Unggah Foto Lisa BLACKPINK di Instagram, Netizen : Daebak!

Di sisi lain, RUU ini mendapat reaksi menohok dari Antropolog dari Universitas Indonesia, Raymond Michael Menot yang menilai para pengusul RUU Larangan Minuman Beralkohol justru menggunakan cara berpikir yang sempit. Menurut Raymond, larangan minuman beralkohol seakan mengabaikan aspek antropologis dan historis nusantara.

Mereka orang-orang yang berpandangan sempit dan tidak mengenal Indonesia,” kata Raymond kepada Tempo, Minggu, 15 November 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *