Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Sah ! Proyek Bill Gates Dalam Rekayasa Genetik 750 Juta Nyamuk Akan Uji Terbang

1 min read
Sah ! Proyek Bill Gates Dalam Rekayasa Genetik 750 Juta Nyamuk Akan Uji Terbang

Oxitec, perusahaan yang bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation telah mendapatkan izin dalam pelepasan 750 juta nyamuk hasil rekayasa genetika di Florida.

Menurut informasi, Bill & Melinda Gates telah mengucurkan dana sekitar 4,1 juta dolar AS untuk proyek tesebut. Walaupun sudah mendapatkan izin dari pihak otoritas, akan tetapi proyek ini menuai protes dari kelompok/aktivis lingkungan.

Baca Juga : Tahap Awal Pemulihan Ekonomi, Menkeu: Harus Dijaga Secara Hati- hati

Sebelumnya, pejabat lokal di Florida, Amerika Serikat telah menyetujui pelepasan ratusan juta nyamuk pada Agustus lalu. Nyamuk-nyamuk itu telah direkayasa secara genetik untuk mengurangi populasi nyamuk pembawa penyakit, seperti demam berdarah atau virus zika.
bG9jYWw6Ly8vcHVibGlzaGVycy8yMDA1Mi8yMDIwMTExNzE1NTctbWFpbi5jcm9wcGVkXzE2MDU2MDM1MTcuanBn - Sah ! Proyek Bill Gates Dalam Rekayasa Genetik 750 Juta Nyamuk Akan Uji Terbang
Kelompok yang melayangkan protes memperingatkan konsekuensi yang tidak diinginkan jika nyamuk itu dilepaskan, bahkan menyebutnya sebagai “eksperimen Jurassic Park” untuk umum.

Oxitec diketahui memproduksi nyamuk Aedes aegypti jantan yang direkayasa secara genetik, yang dikenal sebagai OX5034. Nyamuk Aedes aegypti diketahui menyebarkan penyakit mematikan bagi manusia, seperti demam berdarah, zika, chikungunya, dan demam kuning. Hanya nyamuk betina yang menggigit manusia karena membutuhkan darah untuk menghasilkan telur.50460b48 02e3 4809 bf9f 4b13a48f8e40 169 - Sah ! Proyek Bill Gates Dalam Rekayasa Genetik 750 Juta Nyamuk Akan Uji Terbang

Baca Juga : 10 Desa di Danau Toba Akan Dikembangkan Menjadi Desa Wisata

Jadi rencananya adalah untuk melepaskan nyamuk jantan yang dimodifikasi dan nantinya akan berkembang biak dengan nyamuk betina liar sekaligus membawa protein yang akan membunuh semua keturunan betina dan seiring waktu akan menyusutkan kawanannya. Sementara keturunan berjenis jantan juga menjadi mandul sehingga bisa menyusutkan generasi berikutnya.

Pelepasan itu direncanakan akan dilakukan pada 2021 di Florida Keys namun juga mendapat banyak kritik, termasuk hampir 240 ribu orang yang menandatangani petisi di Change. org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *