Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Sah ! Presiden Jokowi Resmikan Hukuman Kebiri Kimia Bagi Predator Seksual

1 min read
Sah ! Presiden Jokowi Resmikan Hukuman Kebiri Kimia Bagi Predator Seksual

Ituaja.com – Presiden Jokowi telah meresmikan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tindakan Kebiri Kimia, Pemasangan Alat Pendeteksi Elektronik, Rehabilitasi, dan Pengumuman Identitas Pelaku Kekerasan Seksual terhadap Anak yang ditandatangani dan ditetapkan Jokowi pada 7 Desember 2020.

Baca Juga : Usai Jadi Tersangkah, Gisella Anastasia dan Nobu Akan Dipertemukan Polisi Senin Depan

images 4 1 450x300 - Sah ! Presiden Jokowi Resmikan Hukuman Kebiri Kimia Bagi Predator Seksual

Pasal 1 ayat 2 dalam regulasi itu menyebutkan, tindakan kebiri kimia adalah pemberian zat kimia melalui penyuntikan atau metode lain kepada pelaku yang pernah dipidana karena praktik kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain, sehingga menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, untuk menekan hasrat seksual berlebih, yang disertai rehabilitasi.

193906091 - Sah ! Presiden Jokowi Resmikan Hukuman Kebiri Kimia Bagi Predator Seksual

Baca Juga : Kakek 75 Tahun di Bima Tertangkap Basah Cabuli Seorang Anak

Kemudian, pada Pasal 5 dalam PP tersebut menerangkan bahwa tindakan kebiri kimia dikenakan untuk jangka waktu maksimal dua tahun. Sementara Pasal 6 disebutkan bahwa tindakan kebiri kimia ditempuh melalui tiga tahapan yaitu penilaian klinis, kesimpulan, dan pelaksanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *