Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

SADIS! 81 Orang Tewas dalam Protes Kematian Aktivis Sekaligus Penyanyi di Ethiopia

1 min read
Ethiopia - SADIS! 81 Orang Tewas dalam Protes Kematian Aktivis Sekaligus Penyanyi di Ethiopia

Ituaja.com – Sejumlah orang di Ethiopia menggelar aksi protes, merespons penembakan Hachalu Hundessa sejak Selasa (30/6) lalu. Hacahalu diduga ditembak pada Senin (29/6) malam di Addis Ababa, kerusuhan langsung pecah sehari setelah insiden tersebut.

Hachalu merupakan sosok penyanyi dan aktivis dari suku Oromo di Ethiopia.

BACA JUGA : 

Peneliti China Temukan Virus Flu Babi G4 Tipe Baru

Waiter Kafe Jadi Tersangka Kasus Prostitusi


Dilansir AFP aksi protes tersebut akhirnya pecah menjadi kerusuhan dan menyebabkan puluhan orang menjadi korban. Kepala kepolisian Oromia mencatat per Kamis (2/7) dini hari, sudah ada lebih dari 80 orang tewas.

“Sejauh ini 81 orang telah tewas, termasuk tiga anggota pasukan polisi khusus Oromia,” kata Kepala Polisi Oromia Ararsa Merdasa.

Kerusuhan antara penduduk dan pasukan keamanan terjadi, salah satunya di wilayah Ambo, kota kelahiran Hachalu. Wilayah tersebut berada di sebelah barat Ibu Kota Ethiopia.

Perdana Menteri Ethiopia Aby Ahmed pun mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Hachalu. Dalam akun Twitternya dia mengatakan, saat ini pemerintah tengah melakukan investigasi terkait kasus pembunuhan aktivis tersebut.

Oleh sebab itu, Aby meminta warga untuk tetap tenang dan menjaga ketertiban di wilayahnya masing-masing.

Hachalu merupakan tokoh penting dari Suku Oromo. Sebagai aktivis sekaligus penyanyi, beberapa karyanya kerap dijadikan lagu bagi para demonstran di Ethiopia.

Lagu-lagu Hachalu menyatukan para generasi muda di Ethiopia, khususnya saat momen protes besar-besaran di negara tersebut dan berujung pada reformasi politik tahun 2018 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *