Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Saat 290 Ribu Pilot Menganggur, Bagaimana Jam Terbangnya?

1 min read
vincent raditya   - Saat 290 Ribu Pilot Menganggur, Bagaimana Jam Terbangnya?

Apa yang terjadi ketika pilot tak mendapat jam terbang yang cukup? Semua ini masih dikarenakan oleh pandemi Corona.

Diberitakan CNN, virus Corona telah mengandangkan sebagian besar pesawat di seluruh dunia dalam waktu yang lama. Bagi pilot, mereka dituntut tetap cakap dalam menerbangkan pesawat karena peraturan yang ketat.

Virus Corona jadi tantangan sangat besar bagi pilot karena harus tinggal di rumah. Semua kru pesawat terutama pilot membutuhkan pelatihan berkala atau pembaruan agar tetap bisa terbang.

Hal di atas dijelaskan oleh Brian Strutton dari British Airline Pilots Association (BALPA), organisasi pilot di Inggris. Pilot mesti tiga kali lepas landas dan pendaratan oleh pilot harus dalam waktu 90 hari sebelumnya, salah satunya menggunakan kotak simulator kokpit.

Agar memenuhi syarat untuk terbang baik di siang hari dan malam hari, pilot pesawat komersial juga perlu melakukan tiga kali take-off dan pendaratan di malam hari dalam 90 hari terakhir. Ini lebih sulit karena pilot memiliki sedikit petunjuk visual.

Tak hanya hal di atas, ada juga cek kecakapan tahunan lainnya. Ada Cek Lisensi Kecakapan, yang harus dilakukan pilot setiap tahun untuk menjaga lisensinya tetap valid. Maskapai juga harus melakukan Pemeriksaan Kecakapan Operasional setiap enam bulan.

Microsoft Flight Simulator adalah game yang bisa pula menjaga kecakapan pilot. Namun, simulator masih menjadi cara terbaik, namun kini banyak fasilitasnya ditutup, terutama di Inggris.

Banyak masalah saat Corona merebak yakni keberadaan instruktur dan co-pilot. Kendala selanjutnya adalah biaya, ketika pemasukan pilot berkurang karena cuti tanpa dibayar, sedang sewa simulator seharga USD 300-400 per jam belum termasuk biaya operatornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *