Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Selasih

2 min read
Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Basil Seed

Biji chia atau chia seed dan selasih merupakan dua jenis makanan sehat yang populer karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan kaya manfaat. Punya tampilan yang mirip dan sering dipadukan dalam hidangan, banyak yang tak tahu perbedaan keduanya.

Padahal, biji chia dan selasih berasal dari tanaman yang berbeda, cita rasa dan teksturnya pun tak sama. Kira-kira, apa saja sih, perbedaan yang dimiliki keduanya? Supaya enggak tertukar, intip ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Ukuran dan bentuknya

chia%2Bseeds%2Bvs%2Bbasil%2Bseeds - Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Selasih

Meski sama-sama mungil, namun sejatinya chia seed dan selasih punya ukuran yang berbeda. Biji selasih punya warna hitam, dengan bentuk bulat dan kecil.

Sedangkan, chia seed ukurannya lebih besar dan berbentuk oval. Warnanya pun lebih bervariasi, ada yang abu-abu, cokelat, dan hitam putih.

Baca Juga : 5 Zodiak yang Paling Seram saat Marah

2. Kandungan nutrisi

maple vanilla chia parfait - Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Selasih

Baik chia seed maupun biji selasih sama-sama punya kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, chia seed lebih kaya akan antioksidan, protein, omega-3, kalsium, dan serat pangan. Sederet nutrisi tersebut bisa membantu mengeluarkan racun, membentuk otot, mengurangi inflamasi, dan membuat kita kenyang lebih lama.

Sedangkan, biji selasih mengandung kalsium, magnesium, besi, serat, dan komponen antikanker. Dilansir Pinkvilla, komponen nutrisi tersebut bisa membersihkan pembuluh darah, melancarkan pencernaan, mengatur pergerakan usus, dan mengurangi panas dalam tubuh.

3. Tempat asal

yogurt bowls 1200 4215 1 - Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Selasih

Kedua biji-bijian ini berasal dari dua jenis tanaman yang berbeda. Chia seed diperoleh dari tanaman Salvia hispanica yang banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Sedangkan, biji selasih berasal dari tumbuhan herbal basil, dan umum ditemui di daerah tropis, mulai dari Afrika Tengah sampai Asia Tenggara.

Baca Juga : Selain Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat dari Wortel untuk Tubuh

4. Cara konsumsi

604593 49223 57 - Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Selasih

Cara mengonsumsi keduanya pun ada bedanya. Chia seed bisa dikonsumsi mentah sebagai campuran makanan, atau direndam terlebih dahulu dalam cairan. Sedangkan, biji selasih harus direndam dulu, baru bisa dikonsumsi.

Setelah direndam, keduanya akan mengembang, dua kali dari ukuran aslinya. Bahkan, selasih bisa jadi tiga kali lipat lebih besar dari ukuran awalnya usai direndam.

5. Tekstur dan rasa

images?q=tbn%3AANd9GcRxO3u05luS4rmSE8o1I8Duv8D3HjdddyUhDg&usqp=CAU - Punya Tampilan Serupa, Ini 5 Perbedaan Chia Seed dan Selasih

Chia seed punya tekstur yang lebih renyah, bila dibandingkan dengan biji selasih yang cenderung mirip jeli ketika sudah mengembang.

Baca Juga : 5 Drama Korea Terbaru Siap Tayang Di NetFlix

Sedangkan, untuk rasanya, chia seed cenderung hambar dan bisa dipadukan dengan jenis hidangan apa pun. Kalau biji selasih, punya sentuhan rasa basil yang tipis, sehingga lebih sering dicampur ke dalam minuman dan dessert.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *