Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Pernah Jadi Pusat Pandemi Covid-19, Wuhan Kini Berubah Jadi Kota Tujuan Turis

2 min read
Pernah Jadi Pusat Pandemi Covid-19, Wuhan Kini Berubah Jadi Kota Tujuan Turis

Wuhan pernah menjadi simbol pandemi Covid-19, tetapi kehidupan sebagian besar telah kembali normal di kota berpenduduk 11 juta jiwa di China itu.

Dan tidak cuma itu. Yang mengejutkan banyak orang, Wuhan – tempat virus corona SARS-CoV-2 pertama kali muncul Desember lalu – adalah kota yang paling banyak dikunjungi di China selama periode libur nasional yang disebut Pekan Emas, dari 1 hingga 7 Oktober.

Kota itu menerima hampir 19 juta pengunjung selama liburan, menurut angka dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Hubei.

Pada saat yang sama, negara-negara di dunia dilanda gelombang kedua Covid-19, yang di beberapa negara telah berdampak pada lebih banyak orang daripada gelombang pertama.

Baca Juga : 10 Desa di Danau Toba Akan Dikembangkan Menjadi Desa Wisata
12575174 16x9 large - Pernah Jadi Pusat Pandemi Covid-19, Wuhan Kini Berubah Jadi Kota Tujuan Turis

Tetapi di belahan dunia lain, di Wuhan yang dijuluki “kota heroik” oleh Presiden China Xi Jinping, virus corona telah menjadi kenangan tidak menyenangkan di masa lalu, jika kita percaya pada angka resmi.

Pemerintah China mengatakan bahwa di Wuhan sekarang tidak ada satu pun kasus virus corona, namun banyak ahli dan organisasi percaya bahwa pernyataan ini tidak bisa diterima begitu saja.

“Kelahiran kembali” Wuhan

Sebagai bagian dari perayaan Pekan Emas, pihak berwenang menyelenggarakan “flashmob” di stasiun kereta Wuhan.
Dalam video yang diunggah ke media sosial, ribuan orang terlihat berkumpul, bernyanyi, dan mengibarkan bendera China.

“Wuhan terlahir kembali setelah Covid-19 dengan lebih banyak energi dan vitalitas,” kata Hua Chunying, wakil direktur Departemen Informasi Kementerian Luar Negeri, dalam sebuah twit yang menyertai video promosi.

1200x 1 - Pernah Jadi Pusat Pandemi Covid-19, Wuhan Kini Berubah Jadi Kota Tujuan Turis

Baca Juga : Cetak Sejarah Terus, BTS Musisi K-Pop Pertama Rajai Billboard Hot100

 

Vivian Wu, editor BBC China di biro Hong Kong, mengatakan pihak berwenang, dengan bantuan media pemerintah, berusaha menyampaikan citra bahwa semuanya baik-baik saja di Wuhan.

“Dan sampai batas tertentu, memang benar: orang-orang di seluruh China bepergian dan terutama ke Wuhan,” ia menjelaskan.

“Ya, kota itu tampaknya kembali normal, tetapi bagi banyak orang dan banyak pemilik bisnis, keadaan tidak seperti sebelumnya. Dan masih banyak kekhawatiran.”

“Akan tetapi pesan yang kami dapatkan dari propaganda China ialah pemerintah telah berhasil mengendalikan pandemi dengan sukses,” imbuh Wu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *