Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Perkembangan Mengenai Vaksin Virus Corona di Indonesia

3 min read
Perkembangan Mengenai Vaksin Virus Corona di Indonesia

Perkembangan Mengenai Vaksin Virus Corona di Indonesia

Ituaja – Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio menyampaikan, para ahli dan dokter masih terus berupaya meracik baik obat maupun vaksin untuk melawan virus Corona atau Covid-19.

“Vaksin masih belum banyak perkembangan yang bisa di-share. Kalau yang Covid itu sudah dilakukan beberapa ya di RSPAD. Tapi kalau di RS lain mungkin dalam waktu 1 hingga 2 minggu ke depan sudah akan dilaksanakan,” tuturnya.

Menurut Amin, monitoring perkembangan vaksin yang diberikan kepada pasien Corona sangatlah ketat. Dari situ, tim ahli akan terus menggali rumusan paling tepat dalam menemukan vaksin Corona Covid-19.

“Bukan uji coba. Sifatnya adalah berbasis penelitian pelayanan. Semua perencanaan, tindakan, laporan, itu harus dicatat dengan baik, harus dijadikan bahan evaluasi,” kata Amin.

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman sendiri juga tengah bersiap menguji temuan vaksin virus Corona ke hewan, sebelum nantinya diuji klinis dan diproduksi massal jika berhasil. Namun, sejumlah negara ada juga yang menggunakan terapi plasma darah alias Convalescent plasma untuk menyembuhkan pasien Corona.

Prof Amin Soebandrio menegaskan, terapi plasma tidak bisa untuk mencegah. Teknik menyuntikkan plasma darah pasien Corona yang sudah sembuh ke orang yang masih terinfeksi hanya untuk proses penyembuhan.

“Plasma itu bukan untuk pencegahan, tapi plasma itu untuk pengobatan, tidak boleh dipakai untuk pencegahan. Jadi dia khusus di situ diambil dari donor darah yang sudah sembuh. Ya selanjutnya diberikan kepada mereka yang positifnya dalam kondisi kritis untuk mempercepat penyembuhan, Jadi bukan untuk pencegahan,” jelas Amin.

 

Beda Plasma Darah dan Vaksin

Penelitian whole genome sequencing

Bukan hanya itu, Jokowi mengungkapkan kemajuan signifikan juga terjadi terhadap penelitian whole genome sequencing. Penelitian ini untuk mengamati secara detail jenis virus Corona yang menjangkit di Indonesia.

Jokowi berharap dengan penelitian ini, Indonesia bisa menuju tahap selanjutnya. Yakni menemukan vaksin corona yang sesuai dengan Indonesia.

“Ini tahapan yang sangat penting dalam menuju tahap berikutnya untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita,” jelasnya.

Kepala Negara meminta seluruh pihak mendukung hasil riset dan inovasi-inovasi yang ditemukan dalam rangka penanganan corona. Misalnya, dengan memudahkan proses perizinan.

“Proses-proses perijinan dilakukan cepat dan dan juga disambungkan dengan industri. Baik itu BUMN maupun swasta,” tutur Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *