Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Percaya Bumi Datar dan Vaksin Penyebab Autis? Mungkin Anda Hanya Ingin Menjadi Unik

2 min read
Percaya Bumi Datar dan Vaksin Penyebab Autis? Mungkin Anda Hanya Ingin Menjadi Unik

Banyak orang era kini percaya bahwa perubahan iklim adalah berita bohong, vaksin adalah konspirasi Yahudi dan sebabkan autisme, serta adanya bumi datar. Apakah Anda salah satunya?

Bila ya, rasanya Anda perlu menyelidiki lagi alasan memercayainya. Dua studi terbaru mengungkap, orang-orang yang percaya teori konspirasi hanyalah orang-orang yang berusaha menjadi unik.

Baca Juga : Kasus Lama : 5 Teori Konspirasi Hilangnya Pesawat MH370

Anthony Lantian of Grenoble Alps University bersama timnya melakukan survei pada 1.000 orang dan merilis hasilnya di jurnal Social Psychology minggu lalu dengan tajuk “I know things they don\’t know”.

Menurut Lantian, sejumlah orang memiliki kecenderungan untuk menjadi yang terunik. Mereka rajin mencari informasi, terutama yang terkesan rahasia dan tak banyak orang percaya. Kecenderungan menjadi unik itu dihidupi oleh konspirasi yang terkesan memuat informasi tersembunyi dan tak banyak dipercaya.

Baca Juga : KONSPIRASI : Area 51 ? Kawan Apa Itu ?

images 4 - Percaya Bumi Datar dan Vaksin Penyebab Autis? Mungkin Anda Hanya Ingin Menjadi Unik

Pesan dari riset ini adalah, orang yang ingin jadi unik cenderung percaya pada teori konspirasi. Semakin aktif mencari keunikan, semakin besar kemungkinan percaya pada konspirasi,” ujar Lantian.

Hasil studi Lantian didukung oleh riset lain yang dilakukan Roland Imhoff dan timnya dari Johannes Guttenberg Universitat di Mainz, Jerman. Riset yang juga dilakukan pada 1.000 orang itu mengungkap, orang yang ingin menjadi unik cenderung menghindari sesuatu yang bersifat biasa.

04f86b17 14be 4f8a 9037 0c9bd491e805 - Percaya Bumi Datar dan Vaksin Penyebab Autis? Mungkin Anda Hanya Ingin Menjadi Unik

Imhoff dalam publikasinya di European Journal of Social Psychology Mei lalu mengatakan, “Teori konspirasi lebih diterima oleh orang dengan mentalitas konspirasi jika teori itu dipercaya lebih sedikit orang.

Diberitakan Psypost pada 9 Agustus silam, Imhoff mengungkapkan bahwa hal itu adalah bukti bahwa orang yang percaya teori konspirasi hanya ingin berlagak unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *