Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Pengidap DBD Di Sulsel Capai 2.166 Orang pada Januari Sampai Mei, 19 Orang Tewas

2 min read
penderita demam berdarah DBD sulawesi selatan

Ituaja.com – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mencatat penderita demam berdarah atau DBD mencapai 2.166 orang sejak Januari hingga Mei 2020. 19 orang di antaranya meninggal dunia.

“Ini data cakupan terakhir pada akhir Mei, untuk Juni belum direkap karena masih ada kabupaten/kota yang mengkonfirmasi data terbaru di daerahnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel, dr Nurul Amin dikutip dari Antara, Jumat (26/6).

BACA JUGA :

Nurul mengatakan, dari 19 penderita DBD yang meninggal dunia itu terbanyak ada di Kabupaten Gowa dengan jumlah 6 orang. 4 pasien di Kabupaten Enrekang, di Maros 3 orang, dan 3 orang di Soppeng. Lalu dua orang di Jeneponto serta satu orang di Bone.

Menurut Nurul, pandemi virus corona saat ini dinilai cukup membantu menekan penularan DBD di masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan. Pembatasan sosial yang dicanangkan pemerintah juga berdampak pada volume sampah.

“Karena nyamuk itu biasanya ada di tempat yang di sana ada penampungan air, barang bekas dan sebagainya. Ini biasanya muncul jika berkumpul,” katanya.

“Selain itu, kita saat ini lebih selektif keluar rumah, jadi penularan sedikit bisa diatasi karena pembatasan sosial, jaga jarak dan jarangnya orang berkerumun,” tambahnya.

Hingga saat ini, Dinkes Sulsel merilis jumlah penderita terbanyak berada di Kabupaten Gowa dengan total penderita 387 orang, lalu diposisi kedua di Kabupaten Maros dengan 262 orang, kemudian Kabupaten Enrekang 200 orang.

Sementara Kabupaten Selayar dan Toraja Utara menjadi daerah terendah yang memiliki kasus penderita DBD.

“Kami harap di masa pandemi ini kita tetap mengikuti protokol kesehatan. Apalagi dengan kasus DBD saat ini, kami harapkan masyarakat terus bersih-bersih lingkungan, tiap pemilik rumah harus menjaga kebersihan dalam rumahnya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *