Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Pemerintah Prioritaskan 1,2 Juta Vaksin untuk Tenaga Medis

2 min read
Pemerintah Prioritaskan 1,2 Juta Vaksin untuk Tenaga Medis

Pemerintah Prioritaskan 1,2 Juta Vaksin untuk Tenaga Medis

ituaja.com – Kepala bidang pengembangan profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) dr Masdalina Pane, M.Si (Han) mengatakan 1,2 juta vaksin yang disediakan pemerintah saat ini diprioritaskan untuk kelompok yang paling berisiko tertular COVID-19, yaitu para tenaga medis.

Hal itu disampaikan Masdalina dalam konferensi pers Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (8/12/2020).

“Jadi yang perlu kita ketahui bahwa vaksin untuk saat ini adalah vaksin untuk kondisi emergency, bukan untuk kondisi normal,” kata Masdalina, dilansir dari Antara, Selasa (8/12/2020).

Masdalina mengatakan bahwa pemerintah memang telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin ke Indonesia. Namun demikian, ketersediaan vaksin saat ini belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi vaksin itu tidak diberikan untuk seluruh masyarakat. Tapi diberikan kepada kelompok-kelompok yang berisiko. Yang pertama tentu yang risikonya lebih tinggi adalah tenaga kesehatan, karena mereka yang terus kontak dengan mereka-mereka yang terkonfirmasi maupun yang belum diketahui, tetapi memiliki gejala. Suspect, kita menyebutnya,” kata dia.

Menurutnya, kelompok berikutnya yang mendapat prioritas vaksinasi adalah orang-orang yang melakukan pelayanan kepada masyarakat. Dan selanjutnya untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi.

“Jadi ini bukan untuk seluruh rakyat. sehingga karena ini kondisinya emergency, jadi prioritas pemerintah tentu kepada mereka yang memiliki risiko,” kata Masdalina.

Ia juga mengimbau agar mereka tetap disiplin menerapkan protokol 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan guna mencegah penularan COVID-19.


Baca Juga:

ACT Sumut Bantu Evakuasi dan Bagikan Makanan Korban Banjir Medan

Horor, Miliaran Semut di Banyumas Belum Berakhir!

Penulis Naskah Drama “Start-Up” Di kritik Karena Screentime Kang Han Nah Berkurang


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *