Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Pemerintah Jawa Barat Akan Menyiapkan Dana Sebesar 500 M Untuk Menghadapi Pademi Corona

2 min read
Kang emil 2 - Pemerintah Jawa Barat Akan Menyiapkan Dana Sebesar 500 M Untuk Menghadapi Pademi Corona

Bandung, Jawa barat – Pemprov Jawa barat akan kembali melakukan kegiatan refocusing dan relokasi anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk percepatan penanganan bahaya pandemi virus Corona (Covid-19) yang telah menyebar di tanah air.

Dana itu selain untuk menanggulangi isu kesehatan juga untuk mengatasi isu ekonomi yang muncul akibat wabah virus jenis baru corona.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui konferensi video di Gedung Pakuan Kota Bandung pada hari Selasa (24/3/20).

Kita siapkan dana hingga sampai Rp 500 miliar dan dana itu sedang kita diskusikan dengan pihak DPRD untuk dicari sumber – sumbernya. Dari arahan presiden bahwa dana itu diambilkan dari anggaran yang tidak diprioritaskan sehingga dapat dimayoritaskan untuk anggaran kesehatan, kata pria yang akrab disapa kang Emil.

Menurut dia kemungkinan dana ratusan miliar itu akan didapatkan salah satunya dari alokasi perjalanan dinas dan Sesuai arahan presiden agar semua daerah segera dapat melakukan analisa untuk melakukan pergeseran mana yang harus dilakukan untuk menguatkan dana kedaruratan antara lain dari dana perjalanan dinas untuk dipangkas dan digeser lalu anggaran lain yang tidak prioritas, kata kang Emil.

Sebelumnya kata kang Emil, Jokowi juga akan memberikan kemudahan finansial bagi warga yang terdampak virus Corona secara ekonomi di antaranya melalui penangguhan cicilan hingga satu tahun dan suku bunga akan diturunkan, kartu sembako akan ditambahkan Rp 50 ribu.

Prioritas utama masuk ke kategori rawan miskin karena tidak optimal bekerja akan kita bantu sepenuhnya agar nantinya kita kolaborasikan anggaran pusat dan daerah untuk membuat jaringan pengamanan sosial yang khususnya di bidang pangan, subsidi sembako dan keuangan untuk yang terpapar virus corona sehingga rawan miskin dapat terbantu, tutur kang Emil.

Pada tahap pertama, Pemerintah provinsi Jawa barat akan melakukan pergeseran alokasi anggaran dana sebesar Rp 48 miliar dan dana itu akan dialokasikan untuk memberikan sekitar 20 ribu alat pelindung diri (APD) kepada pasian atau warga yang terpapar virus dan 20 ribu alat rapid test yang nantinya digunakan untuk test terpapar tidaknya dan juga untuk penambahan fasilitas di berbagai rumah sakit rujukan.

jawab arahan presiden soal covid 19 jabar telah sepakati refocusing realokasi apbd 300x150 - Pemerintah Jawa Barat Akan Menyiapkan Dana Sebesar 500 M Untuk Menghadapi Pademi Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *