Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

2 min read
Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Masa kehamilan adalah salah satu fase paling membahagiakan dalam kehidupan seorang wanita tetapi, kehamilan dapat memiliki serangkaian tekanan mental dan fisik. Bayi yang cerdas tidak hanya dipengaruhi oleh pola orang tua dalam membesarkan si kecil. Hal ini dipengaruhi juga oleh bagaimana pemenuhan gizi bayi sejak dalam kandungan. Pengetahuan seputar makanan bagi ibu hamil sangatlah penting agar calon bayi sehat dan lahir dengan selamat.

Berikut adalah pantangan makanan untuk ibu hamil yang perlu  diketahui : 

1>> Hindari seafood yang mengandung tinggi merkuri

Makanan yang berasal dari laut bisa menjadi sumber protein tinggi, namun ada beberapa ikan yang mengandung kadar merkuri sehingga berpotensi membahayakan. The Food and Drug Administration (FDA) dan Environmental Protection Agency (EPA)mendorong wanita hamil untuk menghindari ikan todak, hiu, dan makerel.

Baca Juga : Buat Calon Ayah nih.. Please Jangan Bikin Pasangan Anda Yang Sedang Hamil Menangis! Ini Akibatnya Buat Janin!

2>> Hindari makanan laut yang kurang matang atau mentah

Untuk menghindari bakteri berbahaya atau virus dalam makanan laut, hindarilah makanan laut mentah yang didinginkan seperti seafood berlabel nova style, lox, kippered, smoked, atau jerky. JIka ingin makan seafood, masaklah hingga benar-benar matang.

5c3c4270b483960f710058d3 l - Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

3>> Hindari daging, telur, dan unggas yang kurang matang

Selama hamil, ibu lebih beresiko untuk terkena infeksi bakteri yang berasal dari makanan. Untuk mencegah sakit yang disebabkan karena makanan, cobalah untuk memasak semua jenis daging dengan matang, begitu pula dengan telur karena telur mentah dapat terkontaminasi dengan bakteri berbahaya.

Baca Juga : Pendemo India Malah Bakar Foto Kim Jong-un di Tengah Aksi Boikot Tiongkok

4>> Hindari makanan yang tidak terpasteurisasi

Banyak produk susu rendah lemak seperti susu skim, keju mozzarella, dan keju cottage dapat menjadi bagian dari diet sehat. Apa pun yang mengandung susu yang tidak dipasteurisasi sangat tidak dianjurkan, karena bakteri tidak akan mati sebelum susu yang telah diperah dimasak dengan baik.

5>> Hindari sayur dan buah yang tidak dicuci

Untuk mengurangi banyaknya bakteri yang masuk kedalam tubuh, cucilah sayur dan buah dengan baik. Rendam dalam wastafel bersih atau baskom kecil yang memungkinkan seluruh sayur dan buah kena air. Sambil direndam, bersihkanlah sayur dan buah tersebut. Jika perlu, gunakan sikat kecil untuk membersihkan permukaan buah dan sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *