Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Panduan Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di Berbagai Tempat

3 min read
Panduan Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat keterangan bebas narkoba atau yang biasa yang disebut ( SKBN ) biasanya dijadikan sebagai persyaratan administrasi bagi yang melamar perkerjaaan, calon pegawai negeri sipil ( PNS ) , Anggota Polri/Tni, Sehingga syarat masuk ke institusi pendidikan tertentu. Lalu Bagimana cara membuat surat Dan Beberapa Biayanya ?

Surat keterangan Bebas Anti Narkoba Merupakan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak instansi tertentu yang bisa menentukan bahwa didalam badan anda tidak memiliki jejak narkotika. Surat ini diyakinkan perusahaan atau lembaga lain untuk membutuhkan SKBN ini bahwa anda bukan orang yang pecandu narkoba atau narkotika.

Menurut Undang-Undang Narkotika. Narkoba dikelompukan jadi 3 golongan. Golong pertama adalah Ganja,Opium Dan Danaman Koka. Golongan Kedua Kurang Lebih Ada 85 jenis.diantaranya adalah alfaprodina Dan Morfin. Golongan ketiga Adalah Narkotika yang dapat menumbulkan ketergantungan ringan pada cara pemakainnya.

Cara Membuat/Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba

Sebelum mendapatkan surat keterangan bebas Anti Narkoba ( SKBN ) Anda Pasti harus DiTes Narkoba terlebih dahulu . agar itu anda bisa dapat mengunjungin pusat playanan kesehatan ( RSUB, Rumah Sakit , Puskesmas, Dan Rumah Sakit Swasta ), Dipusat kantor Polisi , anda dapat ke laboratorium pusat badan narkotika nasional ( BNN )

1. Rumah Sakit Puskesmas

Tidak semua rumah sakti atau puskesmas meyediakan fasilitas pembuatan surat keterangaan bebas narkoba tersebut. karena sebagian besar rumah sakit tidak ada memiliki pemerintahan tersebut. baik tingkat nasional ataupun daerah ( RSUD ) karena itu biasa menjadikan rujukan penerbitan SKBN tersebut.

Untuk Lebih Aman Lebih Baik anda bertanya kepada fasilitas kesehatan tujuan anda untuk masalah mengenai penerbitan SKBN tersebut. Jika mereka menyuruh anda untuk ikut tes narkoba dan penerbitan SKBN, Berkut persyaratan yang anda harus patuhin :

-anda harus menyediakan pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar dengan warna background tanggal kelahiran anda
-anda harus mengurus formulir pendaftaran yang bisa anda dapatkan di loket pendaftaran fasilitas kesehatan yang anda ingin tiju
– membayar biaya tes uji kesehatan anti narkoba dengan harus yang tergantung dari pasilitas yang anda gunakan tersebut

Setelah anda sudah melengkapin persyaratan diatas , Anda akan diminta untuk buang air kecil dalam suatu wadah yang diberikan oleh petugas loboratorium, selanjutnya stempel urine akan dites menggunakan alat urine screen plus.

tidak perlu tunggu waktu yang lama, anda pun sudah bisa melihat hasil tes urine tersebut dalam kurang waktu dari 30 menit, bila anda tidak memiliki jejak norkoba dalam urine anda, pihak rumah sakitpun atau puskesmas akan memberikan keterangan surat anti narkoba untuk anda.

2. Kantor Polisi

Anda Harus mengurus surat keterangan catatan kepolisian ( SKCK ) anda bisa mengurus surat bebas narkoba dikantor polisi juga lohh. namun tidak semua kantor polisi memiliki tes tersebut, melainkan hanya dikantor polisi level kepolisian resort ( polres ) ditinggkat kebupaten/ibukota.

Dipolres, tes narkoba/narkotika dapat mendeteksi kandungan zat benzodiazepin , morfin , metamphetamine , dan tetrahydrocannobional pada urine, untuk mengurus SKBN di kantor polres, Anda harus mempersiapkan perlengkapan administrasi berupa :

– anda harus membawa ktp asli dan memberikan fotokpopinya sebanyak 2-3 lembar
– anda harus menyerahkan pas foto berwarna ukuran 4×6
– anda harus menganti biaya alat tes urine sebesar Rp150.000

Setelah, Anda menjalanin tes narkoba yang akan dilakukan di rumah sakit tertentu, Anda akan disuruh ke kamar mandi untuk buar air kecil didalam wadah yang akan diberikan oleh petugas loboratium, kemudian akan diambil sampel unine anda yang akan di tes dengan menggunakan alat urnine.

setelah hasil tes sudah ditentukan anda negatif menggunakan narkoba, anda lalu akan diberikan surat keterangan bebas narkoba, anda juga akan diberikan lembar SKBN yang sudah dilegalisir untuk bukti anda bebas narkoba .

3. Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba Di BNN

Bagi anda berdomisili di jakarta, Anda dapat langsung mengunjungin leboratorium milik badan narkotika nasional ( BNN ) di daerah cawang , jakarta timur , Anda tidak akan dikenakan biaya pemeriksaan atau bisa dibilang gratis.

Hanya saja, Anda harus wajib membawa peralatan yang dibutuhkan sendiri, seperti wadah untuk menampung unine dan alat untuk tes narkoba yang banyak dijual dengan harga RP60.000. Selain itu anda wajib membayar administrasi Berupa :

– KTP & pas foto berwarna ukuran 4×6
– anda harus mengisi daftar yang sudah disediakan dikantor BNN saat anda mendaftar
– anda harus memberikan surat pernyataan tes narkoba untuk menyatakan tujuan anda melakukan tes tersebut

jika anda sudah dinyatakan negatif narkoba , BNN akan langsung memberikan surat bebas narkoba. anda harus tau bahwa tes narkoba dikantor BNN hanya dilakukan pukul 08.00 – 12.00 sehingga anda wajib datang tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *