Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

“Pakar Kesehatan Sebut Pasien Meninggal Covid-19 Tak Tularkan Penyakitnya”

1 min read
Pakar Kesehatan Sebut Pasien Meninggal Covid-19 Tak Tularkan Penyakitnya

Pakar Kesehatan Sebut Pasien Meninggal Covid-19 Tak Tularkan Penyakitnya

Ituaja – Para Pakar Kesehatan yang juga menjadi Koordinator Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi mengatakan bahwa pasien yang meninggal dunia akibat terjangkit virus corona tidak akan menularkan penyakitnya kepada orang lain.

Melalui konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (26/3/2020), Wahyuhadi mengatakan bahwa virus akan mati jika orang yang terinfeksi tersebut telah meninggal.

Baca Juga : update pasien corona di indonesia 893 orang meninggal 78 orang

“Setiap virus hanya bisa hidup dengan cara menumpang pada sel manusia. Maka ketika pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia, virus yang ada di dalam tubuhnya ikut mati,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa pedoman dan prosedur penanganan jenazah yang meninggal akibat Covid-19 yaitu dengan memasukannya ke kantong plastik. Dan sebelum dimakankan, pasien tersebut juga disemprotkan disinfektan.

“Harus dimasukkan ke kantong plastik karena tidak boleh ada cairan keluar dari tubuh pasien COVID-19 yang meninggal dunia,” ucap Direktur Utama RSUD dr Soetomo itu.

“Sebenarnya, kalau pedoman ini dijalankan tidak ada masalah bagi orang lain, seperti keluarga atau para tetangganya turut mengantar ke pemakaman,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *