Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Nostalgia Bangun PAN, Amien Rais Singgung Pertimbangan Banci

2 min read
amien rais - Nostalgia Bangun PAN, Amien Rais Singgung Pertimbangan Banci

Ituaja.com – Politikus senior Amien Rais melontarkan kritikan kepada Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai salah satu pendiri partai, Amien menilai PAN tidak memiliki keberanian menunjukkan jati diri partai.

Awalnya, Amien bercerita mengenai proses pembentukan PAN. Dia mengatakan awalnya, PAN dibentuk berasaskan nilai-nilai Islam.

“Jadi dulu saya Pak Fatwa dan tokoh-tokoh PAN waktu melahirkan PAN itu memang ada dua cara, ada dua opini. Pertama kita umumkan asas kita Islam. Tidak usah pakai tambahan atau diubah-ubah,” kata Amien kala menjadi pembicara di acara ‘Kuliah Politik Untuk Ummat’ yang disiarkan secara daring, Sabtu (28/11/2020).

Menurut Amien, hal itu kemudian memancing perdebatan di internal PAN. Amien menyebut beberapa kalangan khawatir keputusan tersebut justru membuat PAN kehilangan suara dari para masyarakat non-muslim.

“Yang lain mengatakan nanti kalau partai kita Islam tok, sementara mungkin masyarakat Indonesia masih percaya pada pluralisme kemudian takut kalau agama dijadikan rujukan mungkin jadi ekstrim dan lain-lain,” terang Amien.

Lebih lanjut, gagasan yang sebelumnya dicetuskan Amien pun diganti. Amien menilai keputusan itu dianggap sebagai hal yang keliru.

“Maka keputusannya itu keputusan yang banci sehingga partai PAN berasaskan nilai keagamaan rahmatan lil alamin. Jadi Islam disembunyikan,” ungkap Amien.

Amien juga mengatakan keputusan tersebut membuat dirinya memilih hengkang dari PAN. Amien pun mengatakan, saat ini ada ketakutan untuk menunjukkan identitas diri sebagai muslim di masyarakat.

“Jadi saudara-saudara ini ketakutan mengatakan aku muslim, aku mukmin bukan hanya menggelayuti masyarakat Indonesia tapi di dunia lain,” tutur Amien.

Sementara itu, usai hengkang dari PAN, Amien sendiri resmi mendirikan partai baru bernama Partai Ummat. Amien mengatakan awal tahun depan partai barunya tersebut akan segera dideklarasikan.

“Kita Januari deklarasi. Sudah ada mukadimah, ada logonya, ada mars-nya, ada narasi perjuangan,” pungkas Amien.

Diketahui, Partai Ummat sudah merilis lagu mars. Lirik mars itu diciptakan sendiri oleh pendiri Partai Ummat, Amien Rais.

“Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan juga mantan pendiri PAN, Amien Rais ternyata memiliki bakat seni. Bakat seni itu dicurahkannya dalam menciptakan bait beserta melodi dari mars Partai Ummat yang didirikannya,” demikian keterangan dari Partai Ummat, Selasa (17/11).

Aransemen mars Partai Ummat dibantu seorang pengaransemen musik. Mars Partai Ummat juga berisi takbir di akhir lagu. Lirik mars Partai Ummat dirilis di kanal YouTube resmi Amien Rais.

“Dibantu oleh seorang pengaransemen musik, Mars Partai Ummat itu diwarnai dengan pujian takbir dan pekik merdeka,” ujarnya.

Berikut ini lirik lagu Mars Partai Ummat ciptaan Amien Rais

Dengarkan lah panggilan sanubari
Tangisan para pendiri negeri
Selamatkan bumi air Pertiwi
Berjuang karna panggilan ilahi

Partai Ummat memanggil kita!
Partai Ummat menghimpun kita!
Partai Ummat satukan kita!
Dalam Rahmatan Lil Al-Amin

Reff

Lawan Kezaliman
Tegakkan Keadilan
Demi kejayaan
Demi kemakmuran
Indonesia!

Allahuakbar
Allahuakbar
Allahuakbar

Merdeka! Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *