Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Muncul Petisi Menolak ‘Gaji Anggota DPRD DKI Jakarta Naik, Masa Kita Diam Saja’

2 min read
Muncul Petisi Menolak 'Gaji Anggota DPRD DKI Jakarta Naik, Masa Kita Diam Saja'

Muncul Petisi Menolak 'Gaji Anggota DPRD DKI Jakarta Naik, Masa Kita Diam Saja'

ituaja.com – Belakangan ini, rencana anggota DPRD DKI Jakarta untuk menaikkan gaji dan tunjangan, dikritik banyak pihak. Diketahui, DPRD DKI Jakarta ingin naik gaji dari Rp129 juta per bulan menjadi Rp173 juta per bulan.

KUA-PPAS untuk APBD DKI Jakarta 2021 yang disepakati adalah Rp82,5 triliun. Sementara itu, total anggaran untuk Rencana Kerja Tahunan (RKT) DPRD DKI untuk tahun 2021 sebesar Rp888,68 miliar. Karena anggota DPRD DKI ada sebanyak 106 anggota, artinya setiap anggota DPRD akan mendapatkan 8.383.791.000 dalam setahun.

Besarnya jumlah kenaikan gaji tersebut membuat anggota DPRD DKI dihujani kritikan. Pasalnya, di tengah pandemi ini banyak masyarakat yang kesusahan akibat kehilangan pekerjaan.

Baru-baru ini, muncul petisi tolak kenaikan gaji fantastis anggota DPRD. Petisi tersebut dibuat oleh Miraj Yusuf Al Farisy. Dia sangat menyayangkan keinginan kenaikan gaji tersebut. Dengan petisi ini, Miraj mengajak masyakarat khususnya masyarakat DKI Jakarta untuk menandatangani petisi guna membatalkan kenaikan gaji anggota DPRD DKI Jakarta.

Berikut isi petisi yang tertulis di https://www.change.org/p/anggota-dprd-gaji-dprd-dki-jakarta-naik-masa-kita-diam-aja

Total anggaran mencapai Rp 888,68 miliar untuk 106 anggota. Sedikit lagi 1 triliun! Sementara, ada banyak warga Jakarta yang setiap hari hanya bisa membawa pulang Rp 50 ribu ke rumah. Sebulan, cuma Rp 1,5 juta. Di masa pandemi ini, banyak sekali rakyat Jakarta yang terpuruk.Di-PHK atau dirumahkan atau usaha mereka amblas. Kok ini para anggota DPRD justru menaikkan gaji dan tunjangan buat diri mereka sendiri? Mohon diingat, kenaikan gaji dan tunjangan itu menggunakan uang pajak rakyat. Kami, sebagai rakyat, tidak ikhlas uang itu dipakai memperkaya diri anggota dewan. Saya berharap hati para anggota DPRD terketuk. Orang-orang yang terpuruk karena pandemi itu nyata. Tinggal tidak jauh dari mereka berkantor. Saatnya nurani bicara. Tolak kenaikan gaji dan tunjangan anggota DPRD DKI Jakarta!


Baca Juga:

Minta Masyarakat Terbuka, Anies Baswedan: Terpapar COVID-19 Bukan Aib

KPK Menyita Uang Rp4 Miliar dan 8 Sepeda dari Rumah Dinas Edhy

Persiapan Haji 2021, Kemenag Sumsel Siapkan Tiga Opsi Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *