Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Misi Perdamaian, TNI Benarkan Prajuritnya Hadang Tank Israel di Lebanon

2 min read
Misi Perdamaian, TNI Benarkan Prajuritnya Hadang Tank Israel di Lebanon

Misi Perdamaian, TNI Benarkan Prajuritnya Hadang Tank Israel di Lebanon

ituaja.com Terkait prajurit TNI yang menghadang tank Israel di daerah ‘Blue Line’, Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang membenarkan informasi tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa prajuritnya ditugaskan dalam misi perdamaian di Lebanon dan menghadang tank Israel di daerah yang merupakan wilayah netral. Sebelumnya, aksi prajurit TNI itu disiarkan Lebanese Army dengan durasi 1 menit.


“Pada 2 Juni 2020, pasukan kita yang di Lebanon, tentara Garuda kita yang di Lebanon di daerah ‘Blue Line’ sana menghadang pertikaian antara tentara Lebanon dan tentara Israel,” kata Mayjen Victor di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Aksi prajurit di bawah PBB itu memperlihatkan dengan tenang menghadang Tank Merkava Israel yang menerobos pagar pembatas kedua negara di ‘Blue Line’. Wilayah tersebut dikenal sebagai batas netral kedua negara yang terletak di wilayah Adisa.


Baca Juga:

Dipenjara 5 Bulan, Lucinta Luna Tambah Gemuk

Abaikan Kemarahan Donald Trump, Sri Mulyani Tetap Tagih Pajak Netflix

KONSPIRASI: Area 51? kawan Apa Itu?


“Itu namanya ‘Blue Line’. Jadi dulu ada perjanjian yang dibuat oleh PBB namanya ‘Blue Line’. Itu perbatasan antara negara Israel dan Lebanon. Pasukan kita satu kompi di sana disiapkan di sana untuk menjaga perbatasan itu. Jadi sehari-hari mereka ada di sana,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa wilayah ‘Blue Line’ memiliki panjang sekitar 400 kilometer yang dijaga pasukan perdamaian PBB dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Jadi, itu dibagi-bagi. Ada yang dari Spanyol, negara lain juga, untuk mengamankan ‘Blue Line’ itu,” katanya.

Ketegangan awal masuknya Tank Merkava milik Israel tersebut terpantau pasukan Lebanese Armed Forces (LAF) yang sedang melakukan patroli. Tank itu sempat meninggalkan lokasi, namun kembali dengan kekuatan lebih besar untuk melakukan manuver latihan dengan pasukan darat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *