Tue. Jan 12th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Menteri Dalam Negeri: Anggaran Adalah Nafasnya Pilkada

2 min read
Menteri Dalam Negeri: Anggaran Adalah Nafasnya Pilkada

Menteri Dalam Negeri: Anggaran Adalah Nafasnya Pilkada

ituaja.com Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa sukses atau tidaknya pelaksanaan pilkada serentak sangat tergantung dengan anggaran, baik lewat APBD maupun APBN.

“Artinya anggaran adalah nafasnya pilkada, tanpa anggaran pilkada tidak akan berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan bersama” kata Tito saat memberikan arahan pada rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Sumatara Utara di Medan, Jumat (03/06).

Dalam rapat koordinasi tersebut, selain menghadirkan Mendagri juga hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan sejumlah tokoh lainnya.

Tito menyebutkan, mengingat pentingnya anggaran, ia pun meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk segera mencairkan anggaran untuk pelaksanaan berbagi tahapan pilkada serentak yang akan digelar awal Desember 2020.

“Kasihan KPU dan Bawaslu kalau anggaran tidak juga dicairkan. Kalau anggaran tak juga turun tentunya mereka tidak bisa kerja. Tahapan-tahapan pilkada tentunya terkendala juga,” katanya.


Baca Juga:

3 Panduan Ini Sebaiknya Kamu Terapkan Jika Berniat Staycation di Era New Normal

Cicil Rumah Rp 250 Juta Sebulan, Begini Alasan Lis Iis Dahlia

Upaya Pemerintah Tekan Angka Kematian Akibat Corona Terus di Lakukan


Selain itu, ia mengatakan, dari data yang ada dua pekan lalu, di Sumut masih merah dalam hal pencairan anggaran untuk pilkada di kabupaten dan kota.

Padahal anggaran tersebut, kata Tito, sebelum 15 Juli harus dicairkan untuk pelaksanaan tahapan pilkada yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

Dia mengatakan bahwa KPU membutuhkan anggaran untuk beli barang sehingga harus cepat dicairkan. Tito mengungkapkan mulai 15 Juli nanti pelaksanaan pemutakhiran data pemilih secara “door to door” sudah dilaksanakan yang tentunya membutuhkan anggaran cukup besar.

“Alhamdulillah dalam beberapa hari terakhir hampir semua daerah sudah terjadi peningkatan realisasi pencairan anggaran. Ini tentunya sangat menggembirakan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *