Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

MENTAN Syahrul Yasin Limpo Tetapkan Ganja Sebagai Tanaman Obat Binaan Kemudian Mencabut Kembali

1 min read
MENTAN Syahrul Yasin Limpo Tetapkan Ganja Sebagai Tanaman Obat Binaan Kemudian Mencabut Kembali

Ituaja.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menetapkan tanaman ganja sebagai salah satu tanaman obat komoditas binaan Kementerian Pertanian.

Ganja ditetapkan sebagai tanaman obat melalui Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 104/KPTS/HK.140/M/2/2020 tentang Komoditas Binaan Kementerian Pertanian yang ditandatangani Menteri SYL pada 3 Februari 2020.

Baca Juga : Tolak Diperiksa, Jaksa Pinangki Dinilai Beri Contoh Buruk ke Masyarakat

Lampiran Keputusan Menteri Pertanian ini memuat ratusan jenis komoditas Binaan Kementan. Di antaranya tanaman pangan 33 jenis, komoditas buah-buahan 60 jenis, komoditas sayuran 82 jenis, komoditas tanaman hias 361 jenis komoditas perkebunan 140 jenis, dan komoditas tanaman obat 66 jenis, salah satunya ganja.

Namun, penetapan yang baru seumur toge itu kemudian dicabut kembali oleh Syahrul Yasin Limpo.

283975875 - MENTAN Syahrul Yasin Limpo Tetapkan Ganja Sebagai Tanaman Obat Binaan Kemudian Mencabut Kembali

Baca Juga : Breaking News : Novel Baswedan Positif Corona

“Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo konsisten dan berkomitmen mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Kepmentan 104/2020 tersebut sementara akan dicabut untuk dikaji kembali dan segera dilakukan revisi berkoordinasi dengan stakeholder terkait (BNN, Kemenkes, LIPI),” kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan Tommy Nugraha.

Kementan lalu menerangkan ganja adalah jenis tanaman psikotropika yang selama ini masuk dalam kelompok tanaman obat sejak 2006. Hal itu berdasarkan Kepmentan 511/2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *