Mon. Jan 18th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Menjelang HUT RI, Jokowi Pimpin Apel Kehormatan Di TMP Kalibata

1 min read
ruzc0qn28c3ircxlhlhr - Menjelang HUT RI, Jokowi Pimpin Apel Kehormatan Di TMP Kalibata

Ituaja.com – Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan gelap gulita pada Minggu (16/8) malam. Jalan di depan makam juga ditutup oleh petugas keamanan. Hal itu dilakukan dalam rangka Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk menyambut HUT RI.

Apel itu digelar dalam rangka memperingati arwah para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Apel digelar pada 17 Agustus 2020 tepat pukul 00.00 WIB.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara. Jokowi memimpin untuk mengheningkan cipta. Selain itu Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga membacakan naskah apel dan renungan suci. Sementara Menteri Agama Fachrul Razi didapuk untuk membacakan doa.

Berikut naskah apel dan renungan suci yang dibacakan Jokowi:

Dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia. Kami yang hadir hari ini Senin tanggal 17 Agustus 2020 pukul 00.00 pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini sebanyak:

  1. TNI dan Polri 9.131 pahlawan
  2. Badan Perjuangan 877 pahlawan
  3. Tokoh Nasional 51 pahlawan
  4. Tidak dikenal 43 pahlawan

Jumlah 10.102 pahlawan. Begitupun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-gunung gunung, di lembah-lembah ngereng dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebahagiaan yang ditempuh adalah jalan kami juga.

Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh tuhan Yang Maha Esa ditempatkan yang sebaik-baiknya.

Jakarta, 17 Agustus 2020

Inspektur Upacara

Presiden Republik Indonesia

Joko Widodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *