Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Mengenal Bahan Amonium Nitrat yang Diduga Menjadi Penyebab Ledakan

1 min read
Mengenal Bahan Amonium Nitrat yang Diduga Menjadi Penyebab Ledakan

Mengenal Bahan Amonium Nitrat yang Diduga Menjadi Penyebab Ledakan

ituaja.com – Baru saja sebuah ledakan yang sangat besar sudah terjadi di sebuah gudang di dekat pelabuhan Beirut, Lebanon. Disebutkan bahwa ledakan tersebut telah memakan banyak sekali korban baik yang luka-luka hingga meninggal akibat terkena efek ledakan itu.

Disebutkan bahwa penyebab utama ledakan besar tersebut yaitu karena adanya sekitar 2.750 ton bahan Amonium Nitrat yang tersimpan di dalam gudang pelabuhan tersebut. Lalu apa sih bahan Amonium Nitrat dan efek bahayanya?

Berdasarkan informasi dari Live Science, Amonium Nitrat (NH4-NO3) merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan untuk meningkatkan kandungan nitrogen pada pupuk pertanian. Sebenarnya bahan tersebut cukup stabil dan mudah untuk diproduksi.

Namun hal yang membuat bahan tersebut menjadi berbahaya adalah jika Amonium Nitrat bersentuhan dengan api, maka bisa terjadi ledakan yang hebat karena bahan tersebut cepat terurai menjadi gas, nitrogen oksida, dan juga uap air.

Maka dari itulah ledakan kedua yang terjadi di Beirut, Lebanon tersebut sangat besar hingga menghasilkan gelombang dan tekanan udara yang bisa terdengar hingga beratus-ratus kilometer dari sumber dimana ledakan tersebut berasal.

Meskipun begitu, ledakan yang diakibatkan oleh Amonium Nitrogen sendiri juga sebelumnya pernah terjadi di sebuah dermaga di Texas pada tahun 1947 lalu. Pada saat itu sebanyak 2.300 ton pupuk yang mengandung bahan tersebut meledak dan sudah memakan ratusan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *