Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Mengenal 5 Jenis Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly

2 min read
Mengenal 5 Jenis Meningitis Penyakit yang Diderita Glenn Fredly - Mengenal 5 Jenis Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly

ituaja.com – Penyakit meningitis adalah radang selaput otak yang menjadi penyebab meninggalnya salah satu musisi terkenal dan terbaik yaitu Glenn Fredly, pada hari Rabu kemarin malam.

Penyakit ini membuat peradangan hingga membengkak di selaput sekitar sumsum tulang belakang bahkan otak. Biasanya penyakit ini ada karena disebabkan jamur, parasit dan juga cedera.

Umumnya, anak-anak sangat rentan mengidap penyakit ini. Terutama penyakit meningitis disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

Berikut inilah 4 jenis penyakit meningitis yang dapat diderita seseorang.

1. Meningitis Jamur

Biasanya disebabkan oleh infeksi jamur yang dikenal dengan cryptococcus dan adalah jenis radang selaput otak yang jarang terjadi.

Orang yang terkena jenis penyakit ini bisa ditandai dengan sistem kekebalan tubuh yang semakin melemah, akan tetapi penyakit ini tidak dapat menularkan ke orang lain didekatnya.

Penyakit Meningitis Parasit - Mengenal 5 Jenis Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly

2. Meningitis Parasit

Adalah jenis yang parasit yang sangat langka ditemukan tubuh manusia, namun penyakit ini sangat berbahaya karena bisa mengancam jiwa penderitanya.

Penyebab penyakit meningitis parasit ini muncul karena infeksi pada amumba mikroskopis atau naegleria fowleri.

Pada danau ataupun sungai yang terkontaminasi. Biasanya terdapat jenis penyakit ini dapat masuk ke tubuh manusia melalui saluran pernapasan seperti hidung, dan memang penyakit ini tidak menular dari manusia.

3. Meningitis non-infeksi

Bukanlah suatu penyakit karena infeksi jamur, virus maupun bakteri. Namun umumnya orang yang menderita radang selaput otak bisa berkembang menjadi penyakit berbahaya akibat cedera kepala ataupun operasi otak.

Bahaya obat-obatan tertentu dari lupus ataupun kanker, namun meningitis non-infeksi ini tidak dapat ditularkan oleh manusia.

4. Meningitis Virus

adalah radang selaput otak yang paling umum, namun tidak seperti kebanyakan kasus ancaman jiwa penderitanya.

Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung seperti air liur, feses, ataupun lendir hidung.

Virus meningitis sangat mudah menyebar apabila penderitanya merasakan bantuk dan bersin. Kontak langsung dengan orang yang terinfeksi menyebabkan resiko begitu tinggi terkena virus dengan jenis yang sama.

5. Meningitis Bakteri

Adalah jenis penyakit radang selaput otak yang berbahaya sekali karena bisa mengancam jiwa penderitanya apabila tidak mendapat pertolongan yang tepat.

Bakteri ini sebenarnya tidak akan bertahan diluar tubuh dengan lama, sehingga kemungkinan tidak akan tertular orang yang berada didekatnya.

Namun, kontak dekat berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi bisa meningkatkan resiko pada penularan penyakit ini.

Baca Juga : Sedih! Beginilah Kisah Bocah Penjual Parfum

Beberapa orang juga memiliki bakteri penyakit meningitis di tenggorokan ataupun hidung. Tak heran jika tempat tempat umum seperti sekolah, asrama perguruan tinggi maupun penitipan anak lebih beresiko terinfeksinya seseorang dari penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *