Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Media Luar Sebut Indonesia Paling Terdepan Soal Korupsi Bantuan Virus COVID-19

2 min read
Media Luar Sebut Indonesia Paling Terdepan Soal Korupsi Bantuan Virus COVID-19

Ituaja.com-Pasca ditetapkannya Menteri Sosial, Jualiari Batubara sebagai tersangka korupsi bantuan sosial Covid-19 yang membuat Indonesia kembali disorot media asing.

Aljazeera, kantor berita asing berbasis di Doha, Qatar ini menyoroti kasus korupsi yang menyeret dua menteri, Edhy Prabowo dan Jualiari Batubara dalam dua pekan ini yang secara tidak langsung telah menodai kredibilitas Presiden Jokowi dalam memberantas korupsi.

Media Asia Times pun menyebut jika Indonesia menjadi negara terdepan di dunia dalam hal korupsi bantuan virus Covid-19.

Selain itu, Media Amerika Associated Press juga menyoroti janji-janji Jokowi saat Pilpres tahun lalu dengan fakta yang saat ini terjadi. Di pilpres tahun lalu, Jokowi berjanji akan menjalankan pemerintahan yang bersih. Sementara Indonesia saat itu masih menempati peringkat ke-85 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi.

Baca Juga : Anggota DPR Minta Rizieq Shihab Hormati Proses Hukum dan Penuhi panggilan Polisi

tahanan kpk 2 - Media Luar Sebut Indonesia Paling Terdepan Soal Korupsi Bantuan Virus COVID-19

Senada dengan Associated Press, media Australia ABC News menulis jika kasus Juliari ini bisa menjadi cambuk bagi kepemimpinan Jokowi. ABC News kemudian menghubungkan dengan lambatnya pemerintah Indonesia dalam membelanjakan stimulus ekonomi soal pandemi Covid-19. Menteri Keuangan Sri Mulyani melaporkan hanya 62,1% dari stimulus yang telah digunakan hingga akhir November. Diketahui Australia baru-baru ini menyetujui pinjaman AUD 1,5 miliar (Rp 15,6 triliun) kepada Indonesia. Hal itu karena Indonesia masuk ke dalam resesi pertamanya sejak Krisis Moneter Asia pada akhir tahun90-an.

Baca Juga : Cukai Meningkat 12,5 Persen, Tahun Depan Harga Rokok Naik

Jokowi juga memastikan tidak akan melindungi pejabat yang melakukan tindakan korupsi.

“Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi, dan kita semua percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional dan pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi,” kata Presiden Jokowi, Minggu (6/12/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *