Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Matahari “Made In China” Berhasil Dinyalakan dan 10 Kali Lebih Panas Dari Inti Matahari

1 min read
Matahari "Made In China" Berhasil Dinyalakan dan 10 Kali Lebih Panas Dari Inti Matahari

Ituaja.com – China berhasil menyalakan reaktor fusi nuklir yang dinamakan HL-2M Tokamak atau dijuluki sebagai matahari buatan untuk pertama kalinya.

Reaktor HL-2M Tokamak adalah perangkat fusi nuklir terbesar dan paling canggih yang dikembangkan oleh para ilmuwan China. Perangkat itu diharapkan bisa menjadi sumber energi ramah lingkungan di masa depan. Sebab, selama ini kehidupan modern mengandalkan energi karbon yang menimbulkan polusi.

Baca Juga : Akui Dirinya Vampir, Wanita Ini Sebut Telah Hidup Hingga 600 Tahun

HL 2M Tokamak - Matahari "Made In China" Berhasil Dinyalakan dan 10 Kali Lebih Panas Dari Inti Matahari

Reaktor HL-2M Tokamak memanfaatkan medan magnetik yang sangat kuat untuk meleburkan plasma panas yang bisa mencapai suhu di atas 150 juta derajat Celcius atau 10 kali lebih panas dari inti Matahari.

Adapun para ilmuwan China telah mulai mengembangkan reaktor fusi nuklir berukuran kecil sejak 2006. Fusi nuklir sendiri dianggap sebagai puncak dari pengembangan energi, karena meniru cara Matahari menghasilkan energi.

Baca Juga : Makna Kaktus Sebagai Hadiah

Proyek besar ini melibatkan para ilmuwan dari 35 negara, dimana China bekerja sama dengan sejumlah negara antara lain Amerika Serikat, Uni-Eropa, Rusia, Jepang, India, dan Korsel.

Rencananya, matahari ‘made in China’ ini bisa digunakan secara komersial pada 2050 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *