Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Masih Ada 124 Ribu Surat Suara Belum Dihitung di Nevada, Biden Unggul

2 min read
gemuruh dunia di pilpres as 2020 - Masih Ada 124 Ribu Surat Suara Belum Dihitung di Nevada, Biden Unggul

Ituaja.com – Otoritas negara bagian Nevada di Amerika Serikat (AS) memperkirakan masih ada 124 ribu surat suara yang belum dihitung di wilayahnya. Sejauh ini, capres Partai Demokrat, Joe Biden, masih memimpin perolehan suara di negara bagian ini.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (7/11/2020), kantor Sekretaris Negara Bagian Nevada mengungkapkan bahwa saat ini diperkirakan masih ada 124.500 surat suara yang belum dihitung di wilayahnya. Jumlah itu terdiri atas 58 ribu surat suara via pos dan 66.500 absentee ballots.

Absentee ballot merupakan suara yang diberikan via pos oleh pemilih AS yang tidak mampu atau tidak bersedia mendatangi langsung tempat pemungutan suara di lingkungan tempat tinggal resminya.

Sekitar 90 persen dari jumlah surat suara yang belum dihitung itu ada di wilayah Clark County.

Jumlah tersebut, menurut otoritas negara bagian Nevada, belum termasuk provisional ballots atau surat suara perbaikan tanda tangan (signature cures). Provisional ballots merupakan surat suara yang bisa diminta pemilih jika mengalami kebingungan soal pendaftaran dan membutuhkan verifikasi lebih lanjut.

Sejauh ini, dengan lebih dari 1,2 juta surat suara telah dihitung, Biden masih unggul atas Presiden Donald Trump di negara bagian Nevada. Data terbaru Fox News dan Associated Press menunjukkan dengan 87 persen suara masuk, Biden memperoleh 632.558 suara (49,83 persen) dan Trump memperoleh 609.901 suara (48,04 persen).

Besaran selisih ini dinilai masih terlalu tipis — terutama dengan banyaknya surat suara yang belum selesai dihitung, sehingga belum ada media terkemuka AS yang memproyeksikan pemenang untuk negara bagian Nevada.

Pejabat pemilu negara bagian ini, seperti dilansir Associated Press, menyatakan bahwa pembaruan data akan dirilis pada Sabtu (7/11) siang waktu setempat, atau pada Sabtu (7/11) malam waktu Indonesia.

Posisi sementara menunjukkan Biden unggul dengan perolehan 264 electoral votes atas Trump yang baru meraih 214 electoral votes. Dibutuhkan 270 electoral votes — dari total 538 electoral votes — untuk bisa memenangkan pilpres AS. Nevada diketahui memiliki 6 electoral votes untuk diperebutkan kedua capres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *