Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

3 min read
lomba panjat pinang untuk background - Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

Ituaja.com – Lomba seakan telah menjadi budaya yang selalu ada dalam setiap perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

Meski situasi saat ini dilanda pandemi COVID-19, nyatanya sejumlah daerah tetap melaksanakan berbagai macam perlombaan.

Meski begitu, pelaksaan lomba harus tetap memperhatikan protokol kesehatan agar penularan virus corona dapat ditekan. Mulai memakai masker hingga menjaga jarak.

Berikut ituaja rangkum sejumlah lomba unik dalam perayaan HUT ke-75 RI:

Lomba 17-an Unik di Magelang, Menatap Foto Mantan Terlama

Menatap Foto Mantan Terlama - Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

Media sosial diramaikan dengan lomba tujuh belasan di Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan unggahan foto di Facebook milik Khoirul Anam, terlihat suasana lomba menatap foto mantan terlama.

“Lomba menatap foto mantan terlama, ikut memeriahkan HUT RI… Apa pun lombanya yang penting kebersamaan,” tulis Khoirul

Foto tersebut diunggah oleh pada Minggu (16/8) dan mendapat berbagai respons masyarakat.

Khoirul menjelaskan, lomba ini tidak seperti lomba yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut karena di desanya tidak mengadakan banyak lomba karena pandemi COVID-19.

“Di desa saya emang enggak ngadain lomba kayak tahun kemarin. Tujuan utamanya sih untuk hiburan di tengah pandemi,” kata Khoirul.

Dalam unggahannya, sederet pemuda duduk sembari menatap foto mantan-mantannya. Terlihat dalam foto sejumlah warga nampak terhibur dengan lomba tersebut.

Lomba Layang-layang Meriahkan Perayaan HUT RI di Mamasa

Lomba Layang layang - Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

Puluhan peserta dari berbagai daerah Kecamatan Mambi antusias mengikuti lomba layangan yang digelar di lapangan sepak bola Mambi.

Ketua panitia penyelenggaraan festival layang-layang, Rahmat, mengatakan 50 tim mendaftar lomba tersebut. Nantinya, satu tim terdiri dari tiga orang.

Sementara layang-layang yang dilombakan yakni layang-layang marra sepanjang 2 meter serta beragam jenis layang-layang lainnya dengan ukuran 1 meter. Adapun kriteria penilaian yakni motif atau model layang-layang, kerapian, dan tingkat kemiringan benang.

Lomba Memasukkan Biskuit ke Mulut di Lampung

Memasukkan Biskuit ke Mulut di Lampung - Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

Anak-anak di Dusun Gunung Labuhan, Desa Tanjung Iman, Kecamatan Blambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara, Lampung, menggelar lomba memasukkan biskuit ke dalam mulut.

Caranya, biskuit diletakkan di atas dahi, kemudian para peserta berlomba memasukkan mulut masing-masing peserta.

Hal itu yang menimbulkan gelak tawa para panitia dan pengunjung melihat wajah peserta yang unik lantaran berusaha memasukkan biskuit tersebut.

Ketua Pelaksana Perlombaan, Rastono, mengatakan bahwa lomba tersebut diselenggarakan oleh pemuda desa setempat untuk memeriahkan HUT RI.

Pemuda di Palu Gunakan Kostum Unik dalam Lomba 17 Agustus

Gunakan Kostum Unik - Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

Sejumlah pemuda di Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tenggara, menggelar upacara 17-an dengan cara yang unik. Mereka mengikuti upacara menggunakan pakaian warna putih, batik, seragam sekolah, kebaya hingga pakaian seorang petani.

Ketua penyelenggara, Rahmat Hidayat, mengatakan upacara itu untuk menggelorakan semangat kemerdekaan. Selain itu, hal itu sebagai bentuk syukur atas perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Setelah upacara, mereka menggelar berbagai lomba seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng, makan semangka, lari karung dan menaikkan layang-layang bernuansa merah putih.

Rumah Makan di Cirebon Gelar Turnamen Bola Lumpur Berhadiah Hewan Ternak

Bola Lumpur - Lomba Unik Perayaan HUT Ke-75 RI: Tatap Foto Mantan Sampai Bola Lumpur

Pemilik Warung Makan Kopi Manis di Cirebon, Jawa Barat, menggelar turnamen sepak bola mini tanpa alas kaki (nyeker) di lapangan berlumpur. Kegiatan itu dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 RI.

Panitia bahkan sampai menyulap lahan kosong menjadi lapangan sepak bola berlumpur.

Pertandingan sepak bola mini tanpa kiper itu diikuti 8 tim dari wilayah Cirebon. Pemenang lomba itu mendapat hadiah cukup menarik yakni sejumlah hewan ternak, seperti 1 ekor kambing untuk juara 1, juara 2 mendapatkan 7 ekor itik (entog) dan juara 3 mendapat 5 ekor ayam.

Owner Warung Kopi Manis, Anton Octavianto, mengatakan turnamen yang diberi nama ‘Ceker Cup’ peserta diajak kembali merasakan bermain bola pada masa lalu di mana seluruh pemain tidak menggunakan alas kaki di lapangan berlumpur.

Selain itu, ia berupaya membangkitkan memori peserta pada masa kecil di mana bermain bola tidak mencari kalah atau menang tetapi bermain untuk mempererat persahabatan dan keceriaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *