Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Lawan Informasi Hoaks, TikTok Jalin Kerjasama dengan Ahli Cek Fakta

2 min read
Lawan Informasi Hoaks, TikTok Jalin Kerjasama dengan Ahli Cek Fakta

Lawan Informasi Hoaks, TikTok Jalin Kerjasama dengan Ahli Cek Fakta

ituaja.com – Demi menghadapi tantangan informasi yang tidak benar atau misinformasi, platform TikTok telah memulai program cek fakta Asia Pasifik dengan bermitra bersama sejumlah ahli cek fakta.

“Kami telah memulai Program cek fakta Asia Pasifik, bekerja sama dengan pemeriksa fakta terkemuka di industri, AFP dan Lead Stories,” ujar Director, Trust & Safety, TikTok, Asia Pacific, menyadur dari laman TikTok, Jumat (16/10/2020).

Di samping itu, Arjun menyampaikan bahwa TikTok bertanggung jawab untuk melindungi dan meningkatkan pengalaman edukasi pengguna dan mencegah penyebaran berita palsu.

“Kami telah meningkatkan upaya kami untuk mengidentifikasi konten yang tidak terverifikasi yang beredar di internet, yang mungkin terlihat sebagai “fakta” atau “berita” di mata publik,” tambahnya.

Kemudian, TikTok juga disebutkan telah menerapkan sistem untuk memungkinan pengguna dengan mudah melaporkan misinformasi dalam aplikasi tersebut. Tak hanya itu saja, pihaknya juga memperluas tim internal yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan mencegah misinformasi serta disinformasi.

“Misinformasi atau disinformasi yang disengaja seperti itu dapat menyebabkan kerusakan di dunia nyata, dan bertentangan dengan misi kami untuk membangun komunitas berbasis kepercayaan, dimana interaksi yang otentik dapat berkembang,” terang Arjun.

Setelah informasi dipastikan salah atau menyesatkan, TikTok mengambil langkah proaktif untuk menghapus konten sesuai dengan Panduan Komunitas dan memberitahu pengguna.

“Kami berkomitmen untuk memerangi misinformasi yang berbahaya, yang berhubungan dengan bidang medis dan pemilu, media sintetis, berita palsu, dan konspirasi di platform kami, dengan Program Pemeriksaan Fakta baru ini,” kata Arjun.


Baca Juga:

Kesal Dihina, Tukang Parkir di Palembang Bunuh Pengamen Saat Pesta Miras

Didesak Massa Aksi Untuk Tolak Omnibus Law, Ini Jawaban Edy Rahmayadi

Serangan ke DPR : Gedung DPR Dijual, Situs Diretas


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *