Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Kisah Siswa di Simalungun Bertaruh di Medan Miring, Demi Bisa Belajar Daring

2 min read
Kisah Siswa di Simalungun Bertaruh di Medan Miring, Demi Bisa Belajar Daring

Ituaja.com – Memanjat pohon yang tinggi, duduk dicuramnya perbukitan hingga berjemur diterik matahari, harus dilakukan oleh sekelompok siswa di Nagori Siporkas, Raya, Simalungun, Sumatera Utara, demi bisa belajar Daring (Dalam Jaringan) di masa pandemi Covid-19.

Kepala Desa Nagori Siporkas, Hendra Putra mengatakan, saat ini ada tiga dusun yang mengalami kendala krisis sinyal dan jaringan internet, yakni Dusun Bah Pasunsang, Butu Ganjang dan Borno.

Baca Juga : “Ledakan Besar di Beirut, Tagar #PrayForLebanon Kini Jadi Trending”


Di tempat itu jangankan internet, pastinya menelpon saja susah,” ujar Hendra, sang Kepala Desa, baru-baru ini.

Hendra mengatakan salah satu yang menjadi kendalanya, yakni letak geografis wilayahya yang dikelilingi perbukitan dan pepohonan tinggi, sehingga sinyal sulit masuk. Hendra mengaku, dirinya telah melaporkan kendala ini kepada kecamatan, namun hingga kini belum menemukan solusi.

belajar daring dengan memanjat pohon - Kisah Siswa di Simalungun Bertaruh di Medan Miring, Demi Bisa Belajar Daring

Karena kendala ini, para siswa ini belajar naik ke atas pohon, hal itu terpaksa dilakukan agar mendapatkan sinyal, semenjak belajar daring diterapkan,” sambung Hendra.

Hendra menambahkan, saat ini terdapat kurang lebih 500 siswa yang mengalami dampak sulitnya sinyal internet di desanya. Dirinya juga berharap kepada pemerintah untuk memberikan solusi, agar pembelajaran daring bisa lebih maksimal.

Rencanakan Pembangunan Jaringan

Baca Juga : Masih Ingat Dengan Remaja Peretas Situs NASA ? Kini Ia Dikabarkan Kritis Usai Babak Belur Dikeroyok


Sementara itu terpisah, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti terkait kendala sulitnya akses jaringan di sejumlah wilayah desa di Sumatera Utara.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan berencana memasang jaringan Telkom di wilayah yang sulit akses jaringan internet.

750xauto 10 potret perjuangan pelajar di simalungun naik pohon demi sinyal 200805h - Kisah Siswa di Simalungun Bertaruh di Medan Miring, Demi Bisa Belajar Daring

Ini salah satu evaluasi. Kita yang akan mempriorotaskan dengan Telkom untuk daya sinyal ini,” ujar Edy Rahmayadi, Selasa (4/8).

Edy yakin, pihaknya bersama dengan Telkom, nantinya akan melakukan pengkajian di wilayah tersebut terutama soal prosedur penerapan jaringannya.

Memperpanjang dan mempersiapkan fasilitas- fasilitas jaringan, itukan dia ada aturan main, dengan jumlah manusianya itulah diadakan jaringan,” tambah Edy. (E4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *