Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Ketika Gus Dur Ditanya Tentang Hantu Oleh Seorang Anak Kecil

2 min read
Ketika Gus Dur Ditanya Tentang Hantu Oleh Seorang Anak Kecil
Ituaja.com – Abdurrahman Wahid, Presiden Republik Indonesia ke-4 memiliki pengalaman unik soal pendapatnya tentang hantu. Cerita ini terjadi ketika Gus Dur dijenguk di rumah sakit oleh Greg Barton, seorang profesor di Universitas Monash, Australia.

Kala itu, Greg Berton yang juga merupakan penulis buku Biografi Gus Dur membawa anaknya yang berumur 14 tahun, Hanna.

Dalam pertemuan itu, tanpa diduga, anak sang profesor bertanya. “Gus Dur apakah hantu itu ada?”

Gus Dur pun menjawabnya, “kalau soal hantu dan makhluk ghaib saya sebenarnya kurang tahu ada tidaknya. Tapi saya punya cerita yang ada kaitan dengan jawaban pertanyaan ini.” kata Gus Dur pada anak itu.

Baca Juga : Jepang Punya 1 Kata yang Merangkum 2020 Secara Paripurna

gus - Ketika Gus Dur Ditanya Tentang Hantu Oleh Seorang Anak Kecil

Suatu ketika berada di Tebuireng, Pesantren Tebuireng Jombang, kata Gus Dur, dirinya punya kebiasaan berziarah malam-malam di makam Tebuireng. Biasanya kata Gus Dur datang pada pukul 01.00 WIB. Namun, tak lama kemudian, ia tertidur.

Suatu ketika ada orang lain yang datang ke pemakaman dan mungkin hendak berziarah kubur sama dengannya. Suatu ketika orang itu melihat dirinya tidur dan kemudian Gus Dur langsung berdiri serta melihat wajah orang yang datang.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Skincare Anti-Aging Lokal untuk Kado Hari Ibu

Namun ternyata, orang itu matanya terbelalak dan terkaget-kaget serta lari kencang melihat Gus Dur bangun dari tidurnya. Mungkin dia ketakutan, kata Gus Dur menceritakan kepada anak profesor Greg Barton.

Kata Gus Dur, “saya tidak tahu soal apakah setan dan makhluk ghaib itu ada atau tidak. Tapi kalau bertanya sama orang yang tadi (yang lari terbirit-birit melihat Gus Dur) mungkin ya setan itu ada.” jawab Gus Dur sambil tertawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *