Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Kabar Duka, Larry Tesler Pencipta “Copy Paste” Meninggal Dunia

2 min read
larry tesler - Kabar Duka, Larry Tesler Pencipta “Copy Paste” Meninggal Dunia

Larry Tesler, Sang penemu konsep cut, copy, paste meninggal dunia pada senin (17/2) waktu setempat. Larry Tesler menghembuskan nafas terakhirnya di usia 74 tahun. Pada tahun 1960-an Tesler mulai bekerja di Silicon Valley. Pada saat itu, tidak banyak orang yang dapat mengakses komputer. Kemudian Larry membuat banyak inovasi, salah satunya adalah menciptakan komando atau sebuah konsep cut, copy, dan paste. Tak di pungkiri fitur tersebut sangat berguna dan membuat komputer menjadi lebih berguna dan efektif.

Untuk para pengguna komputer tentu dan pastinya sangat berterimakasih karena adanya fitur copy paste serta cut yang di ciptakan oleh Larry Tesler, karena telah memudahkan para pengguna untuk mengerjakan sesuatu di komputernya. “Pekerjaan anda menjadi jauh lebih mudah berkat idenya yang revolusioner. Penemu cut,copy dan paste adalah mantan periset Xerox.” Tesler bekerja di berbagai perusahaan yang sangat besar. Ia memulai awal karirnya di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Beliau menanamkan konsep tersebut dalam aplikasi bernama Gypsy, yang di buat bersama temannya Tim Mott. Konsep tersebut dapat di akses dengan mengklik menu kanan.

Kemudian Steve Jobs membajaknya, akhirnya Tesler bekerja di perusahaan Apple selama kurang lebih 17 tahun dengan jabatan Chief Scientist. Selesai dari itu, Tesler membuat sebuah startup edukasi dan bekerja singkat di perusahaan teknologi besar, seperti ARM (1990-2004), Amazon (2001-2005), Yahoo ( 2005-2008), 23andMe (2008- 2009), dan Mine (2013-2015). Tesler lahir di Bronx, New York tahun 1945. Ia berkuliah di kampus yang bergengsi, Standford. Setelah lulus dari kuliahnya, Tesler menjadikan dirinya sebagai spesialis desain user interface yang bertujuan untuk lebih memudahkan ketika mengoprasikan komputer.

Beliau juga sempat mengenyam pendidikan pada bidang matematika di Universitas Standford, AS pada tahun 1961 hingga 1965.
“Setelah mengahasilkan uang, anda tidak begitu saja langsung pension. Anda menghabiskan uang waktu mendanai perusahaan lain. Ada elemen kesenangan yang sangat kuat untuk membagikan apa yang anda pelajari selama ini ke generasi-generasi selanjutnya.” Ungkap Tesler mengenai misinya.

Pada tahun 1983 cut, copy, paste sendiri dipopulerkan oleh 2 komputer pertama pada masa jaya saat itu. Yang bernama Macintosh dan Lisa.
Beliau sosok yang di kenal dengan konsep computer modeless computing. konsep ini beliau terapkan di situsnya sendiri, nomodes.com , yang terlihat memiliki tampilan super sederhana (hanya teks dan gambar) tidak ada garis atau menu pemabatas halaman.

Meski namanya asing dan tak sepopuler Bill Gates atau Steves Jobs, kontribusi Tesler untuk dunia komputer yang memudahkan semua pengguna sangatlah patut diapresiasi.
Penyebab kematian ilmuwan komputer ini pun masih belum di ketahui.

Rest in Peace, Mr Tesler. We love you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *