Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Joe Biden Ajak Sekutu Amerika untuk Tetapkan Aturan Perdagangan Melawan Tiongkok

2 min read
Joe Biden Ajak Sekutu Amerika untuk Tetapkan Aturan Perdagangan Melawan Tiongkok

Joe Biden Ajak Sekutu Amerika untuk Tetapkan Aturan Perdagangan Melawan Tiongkok

ituaja.com – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bila Amerika Serikat perlu bernegosiasi dengan sekutu untuk menetapkan aturan perdagangan global. Hal ini dilakukan untuk melawan pengaruh Tiongkok yang terus tumbuh.

“Kita perlu selaras dengan negara demokrasi lain, 25 persen lainnya atau lebih sehingga kita dapat menetapkan aturan jalan alih-alih membuat Tiongkok dan lainnya mendikte hasil,” ujar Biden seperti yang dilansir dari Antara dan dikutip dari Reuters.
Biden menolak untuk mengatakan apakah dia akan bergabung dengan pakta perdagangan Asia baru yang didukung Tiongkok yang ditandatangani pada hari Minggu.

Dalam konferensi pers di Wilmington, Delaware, Biden sempat ditanya akan kemungkinan Amerika Serikat akan bergabung dengan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional 15 negara yang berfokus pada Asia.

Menanggapi itu, presiden terpilih AS mengatakan dia belum dapat membahas kebijakan perdagangan AS karena dia belum menjabat. Ia hanya menyebut Amerika merupakan salah satu inisiasi yang membentuk perekonomian dunia.

“Kami membentuk 25 persen … ekonomi di dunia,” kata Biden tentang Amerika Serikat.

Penandatanganan RCEP pada pertemuan puncak regional di Hanoi menciptakan perjanjian perdagangan terbesar di dunia, yang mencakup 30 persen ekonomi global dan 30 persen populasi global, bergabung untuk pertama kalinya kekuatan Asia di Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.

Biden mengatakan dia memiliki rencana perdagangan terperinci yang akan dia diskusikan pada 21 Januari 2021, sehari setelah dia akan dilantik. Sementara anggota TPP termasuk Jepang dan banyak pendukung perdagangan bebas telah menyatakan harapan bahwa Biden akan bergabung kembali dengan pakta perdagangan itu.

Ditanya mengapa dia tidak mengomentari rencana perjanjian perdagangan saat mengatakan dia akan bergabung kembali dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan Kesepakatan Iklim Paris, Biden pun menjawabnya dengan santai.

“Anda bertanya kepada saya tentang apakah saya akan bergabung dengan proposal tertentu, rincian dari yang sekarang hanya dinegosiasikan di antara negara-negara itu. Itu akan membutuhkan negosiasi,” tuturnya.


Baca Juga:

Aremania Melangsungkan Aksi Damai Selamatkan Yayasan Arema

Habib Rizieq Di Tantang Nikita Mirzani Buat Tes DNA Buktikan Keturunan Nabi

Sangat Bekerja Keras, Setelah Omnibus Law! Kali Ini DPR Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *