Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

IDI: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Pemakaman Jenazah Pasien Corona

1 min read
ilustrasi virus corona - IDI: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyoroti viralnya penolakan jenazah pasien virus Corona (COVID-19) di sejumlah daerah. IDI mengimbau agar warga tidak perlu khawatir, asalkan prosedur pemakaman mengikuti yang telah ditetapkan pemerintah.

“Menanggapi banyaknya kejadian masyarakat menolak jenazah pasien COVID-19. PB IDI mengimbau masyarakat tidak perlu cemas atau khawatir terkait dengan jenazah pasien COVID-19, selama mengikuti tata cara yang ditetapkan oleh pemerintah, maka jenazah tersebut akan aman dan tidak menularkan virus COVID-19,” kata Waketum PB IDI, dr Slamet Budiarto, dalam keterangannya, Kamis (2/4/2020).

Slamet mengingatkan, justru yang semestinya dikhawatirkan adalah penularan dari orang yang positif Corona tanpa gejala ke orang lain. Maka dari itu, dia meminta masyarakat tetap berada di rumah untuk menghindari penularan Corona.

“Yang harusnya di khawatirkan adalah justru penularan dari orang dengan COVID-19 positif yang tidak bergejala, ini yang sangat berbahaya. Untuk menghindari penularan ini pemerintah sudah menghimbau masyarakat agar stay di rumah dan sosial distancing,” tutur Ketua IDI DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, fenomena penolakan pemakaman jenazah penyintas Corona terjadi di antaranya di Gowa, Makassar, Medan dan Depok. Penolakan pemakaman jenazah karena Corona terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. Polisi mengatakan sudah dua kali terjadi penolakan di Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *