Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Hari ini, Papua Barat Nyatakan Kemerdekaan dan Pemerintahan Sementara

1 min read
Hari ini, Papua Barat Nyatakan Kemerdekaan dan Pemerintahan Sementara

Papua Barat telah mendeklarasikan pemerintahan sementara pada Selasa (1/12).

Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP atau United Liberation Movement for West Papua) pun mencalonkan pemimpin mereka yaitu Benny Wenda, sebagai presiden interim Papua Barat. Benny diketahui diasingkan dan berbasis di Inggris setelah mendapat suaka di sana.

“Kami siap untuk mengambil alih wilayah kami, dan kami tidak akan lagi tunduk pada aturan militer ilegal Jakarta. Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami,” ujar Benny dalam keterangan tertulis di laman resmi ULMWP.

“Ini hari yang sangat penting bagi rakyat saya. Kami sekarang memulihkan kedaulatan kami dan pemerintah sementara kami di Papua Barat,” katanya kepada SBS News, Selasa (1/12).

Baca Juga : Dipenjara Bikin Jefri Nichol Melek Hukum

“Hari ini, kami menghormati dan mengakui semua nenek moyang kami yang berjuang dan mati untuk kami dengan akhirnya membentuk ‘pemerintah yang menunggu’,” kata Wenda yang dilansir The Guardian, Selasa (1/12/2020).

“Mewujudkan semangat rakyat Papua Barat, kami siap menjalankan negara kami,” ujarnya.

“Hari ini, kami mengambil satu langkah lagi menuju impian kami tentang Papua Barat yang merdeka, merdeka, dan merdeka!”

Baca Juga : Waspada! Interpol Peringatkan Vaksin Virus Corona Dapat Jadi Sasaran Penjahat

Benny Wenda berharap ada peran dari pemerintahan Australia terkait kemerdekaannya ini.

ULMWP menandai 1 Desember sebagai hari kemerdekaan Papua Barat. Tanggal itu merujuk pada deklarasi kemerdekaan Papua Barat dari pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1961. Peringatan itu biasanya ditandai dengan pengibaran bendera Bintang Kejora yang sekarang dilarang oleh pemerintah Indonesia yang berdaulat atas Papua Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *