Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

‘Gorilla Dust Cloud’ Awan Debu Raksasa Dari Gurun Sahara hantam Negara Amerika

1 min read
Gurun Sahara - 'Gorilla Dust Cloud' Awan Debu Raksasa Dari Gurun Sahara hantam Negara Amerika

ituaja.com – Awan debu raksasa dari Gurun Sahara yang menyebabkan masalah kualitas udara di Karibia kini menghantam wilayah Amerika Serikat untuk pertama kalinya pada hari Kamis (25/6/2020).

Menurut WJTV yang berbasis di Jackson mengatakan badai awan debu tebal yang sangat besar dan difoto melalui satelit itu melanda pantai teluk Mississippi setelah menempuh ribuan mil dari gurun Afrika.

Badai awan raksasa tersebut juga mulai bergerak melalui Negara Florida menurut Fox 35 Orlando, AS.

Seorang ahli kesehatan lingkungan di University of Puerto Rico, Pablo Méndez Lázaro mengatakan momen tersebut merupakan momen terpenting dalam 50 tahun terakhir sebab awan debu raksasa itu dijuluki ‘ Gorilla Dust Cloud’ karena ukurannya yang menakjubkan sampai – sampai satelit mampu menunjukkan gambar badai itu yang telah menggelapkan langit dan bergulir di bagian barat laut pada hari Kamis pagi.

Gorilla Dust Cloud tampaknya juga akan mengarah ke Louisiana dan sebagian wilayah bagian Texas.

Ada pun sebelumnya di Karibia pada Rabu (24/6/2020), awan debu yang sangat terkonsentrasi itu menyebabkan kualitas udara di sana mencapai tingkat ‘berbahaya’.

Awan debu yang sangat tebal itu bahkan sampai membuat langit biru Karibia menjadi keabuan.

EbEjl8FXgAEdy5u 266x300 - 'Gorilla Dust Cloud' Awan Debu Raksasa Dari Gurun Sahara hantam Negara Amerika

Pejabat kesehatan memperingatkan bahwa fenomena cuaca itu bisa melemahkan sistem pernapasan manusia di tengah perlawanan terhadap Covid-19 dan pihak berwenang meminta kepada seluruh warga di area terdampak untuk tetap berada di rumah agar terhindar dari kualitas udara yang memburuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *