Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Cara Memperpanjang Paspor Dengan Cepat

3 min read
IMG 20171210 df4f197ba3 1512887871 - Cara Memperpanjang Paspor Dengan Cepat

Setiap individu yang ingin berpergian ke luar negeri sangat wajib memiliki Paspor. Dikarenakan Paspor merupakan sebuah tanda pengenal paling resmi di mata hukum dunia untuk dapat berkunjung ke suatu negara. Meskipun belum ada rencana untuk berpergian ke luar negeri, alangkah baiknya kamu tetap memiliki paspor. Hal tersebut juga sekaligus untuk berjaga-jaga jika memang di haruskan ke luar negeri mendadak.

Ada banyak hal yang harus kamu ketahui tentang paspor ini. Supaya paspor milikmu tetaplah dapat di gunakan ketika kamu melancong ke berbagai negara. Salah satunya adalah yang biasa di sebut “perpanjang” yang kini sudah berganti menjadi istilah “pergantian”. Walaupun sudah berganti istilah tapi cara dan syaratnya tetap sama saja kok sobat ITUAJA.
Maka dari itu jika masa berlaku paspor kamu sudah mau habis atau pun telah habis, pastikan kamu harus ingat untuk memperpanjang masa paspor kamu atau melakukan pergantian kepada paspor kamu ya sobat.
Masa berlaku pada paspor maksimal adalah 5 tahun, baik itu yang 24 lembar maupun 48 lembar. Masa berlaku yang kurang dari 6 bulan sebelum expired maka anda tidak lagi diizinkan untuk berpergian oleh pihak imigrasi. Tidak hanya imgirasi loh! Di semua maskapai penerbangan di Indonesia juga tidak akan mengizinkan kamu untuk terbang bersama mereka loh jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan ya!

Berikut cara yang dapat kamu laukan untuk memperpanjang paspor kamu gais.
Dokumen yang dibutuhkan Perpanjang Paspor secara Online :

  1. Paspor lama serta fotokopinya (fotokopi halaman depan dan belakang yang berisi data diri di paspor lama itu).
  2. e-KTP asli serta fotokopinya.
  3. Khusus untuk pemegang paspor terbitan atau cetakkan di atas tahun 2009, dokumen yang di butuhkan hanyalah dengan paspor lama dan e-KTP saja.
  4. Untuk pemegang paspor dengan terbitan tahun 2009, sertakan Kartu Keluarga asli dan fotokopinya.
  5. Akta kelahiran,ijazah (SD/SMP/SMA) ,surat nikah atau surat baptis. Pilih satu dokumen saja. Pastikan salah satu dokumen itu terdaftar informasi tentang nama lengkap, tempat & tanggal lahir, dan juga nama kedua orang tua. Bawa dokumen asli serta fotokopinya.
  6. Persiapkan materai 6000.

Perlu di ketahui nih sobat! Khusus untuk anda yang mau mengganti paspor biasa ke e-paspor atau paspor elektronik, anda bisa melakukannya kapan saja kok, tidak harus menunggu masa berlaku paspor habis. Dan hanya paspor yang kurang dari 6 bulan sebelum expired lah yang dapat melakukan perpanjang paspor.

Proses Perpanjangan Paspor Online.

  1. Akses Situs Resmi Imigrasi, https://www.imigrasi.go.id – (Layanan Publik-Layanan Paspor Online- Pra Permohonan Personal).
  2. Isi Formulir yang tersedia.
  3. Kemudian pilihlah kantor imigrasi terdekat ya.

Lakukan Pembayaran

  1. Selanjutnya akan muncul Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan.
  2. Pembayaran bisa melalui BNI, BRI, Mandiri atau BCA.
  3. Informasi selanjutnya juga akan di kirimkan ke email yang telah anda daftarkan.
  4. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal dan nomor permohonan pengajuan perpanjangan paspor yang di beri pihak imigrasi.
  5. Kemudian lakukanlah verifikasi pembayaran lewat akun anda.

Pilih Tanggal Untuk Melakukan Wawancara ke Kantor Imigrasi.

  1. Anda akan menerima sebuah email berupa Tanda Terima Pra Permohonan setelah memilih jadwal.
  2. Cetak tanda terima itu dan lampirkan bersama dokumen-dokumen paspor untuk di bawa ke kantor imigrasi.

Bawa Semua Dokumen & Datang Lebih Awal Jika Tidak Ingin Pulang Dengan Sia-Sia.

  1. Ikuti arahan dari pihak imigrasi. Penyerahan data, veriikasi data, wawancara, proses pemgambilan data biometric, hingga sesi foto.
    Tunggu proses selesainya paspor anda kurang lebih 3 hari hingga paspor perpanjangan anda selesai dan dapat di ambil.

Anda juga dapat hanya mengambil nomor antrian secara online untuk mengurus sesuatu di kantor imigrasi tanpa harus ikut mengantri pagi dini hari dengan cara mendaftar antrian online melalui aplikasi Antrian Paspor https://antrian.imigrasi.go.id/

Detail Biaya Pembuatan Paspor Baru Dan Perpanjang Paspor :
• Paspor biasa 48 halaman Rp350.000
• e-Paspor (Paspor Elektronik) biasa 48 halaman Rp650.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *