Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Buat Parodi Indonesia Raya, Bocah 15 Tahun Ditangkap!

2 min read
Bocah 15 Tahun Ditangkap!

ItuAja.com – Di awal tahun 2021 ini masyarakat cianjur telah di kejutkan dengan adanya penangkapan seorang bocah di dalam video ‘indonesia raya‘. Bocah 15 tahun asal cianjur ini mendadak viral setelah video yang dia unggah muncul di youtube pada akhir tahun 2020 kemarin.

Ia pun mendapatkan hukuman sesuai dengan Undang-Undang ITE karena telah menyebarkan video yang di dalam nya terdapat rasa kebencian dan mengajak untuk tidak bertoleransi, terutama dengan mengubah lagu kebangsaan. Hal ini sama saja melakukan sebuah penghinaan dan juga merendahkan kehormatan dari lagu kebangsaan.

84131cae 7e58 4959 a344 bd76aea4cfd4 169 300x169 - Buat Parodi Indonesia Raya, Bocah 15 Tahun Ditangkap!

Baca Juga Disini : 1 Januari 2021 Diawali Dengan Maklumat Polri : Larang Masyarakat Sebarkan Konten F*I

Terkait dengan hal itu dia mendapatkan UU ITE yang sebagai berikut:

1. Melakukan Penghinaan

pada desember 2017 lalu, Sri rahayu Ningsih ini telah diamankan pada hari sabtu (5/8/2017) pada sekitar pukul 01.00 WIB di rumahnya. Sri telah dikatakn menyebarkan sebuah konten yang menghina, yang ia sebarkan melalui sebuah akun Facebook nya

kasus ini pun berlanjut hingga akhirnya sri masuk ke dalam meja persidangan di akhir Oktober tahun 2017

Dia pun di tetapkan bersalah karena melakukan kejahatan yang sesuai dengan pasal 45 ayat 1, junto ayat 2 UU RI nomor 19/2016 mengenai perubahan UU11/2008 terkait dengan informasi transaksi elektronik.

Ia pun juga telah terbukti bersalah karena ia dengan sengaja dan juga tanpa izin menyebarkan sebuah informasi yang terdapat kebencian.

hingga akhirnya ia pun di berikan hukuman selama 1 tahun penjara dan juga di tembah denda senilai Rp 20 juta. Jika ia tidak membayar denda yang dimaksud maka ia harus menggantinya dengan kurungan selama dua bulan.

2. Penghinaan terhadap presiden

Salah satu pria warga kampung dari pasekon Desa di Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur telah diamankan oleh Timsus dari Resktim Polres Cianjur karena telah melakukan penghinaan kepada seorang Presiden. Di dalam postingannya ia mengatakan jika ‘presiden Jokowi tidak pernah lulus di UGM’

Karena hal ini ia terjerat pasal 207 dengan ancaman di bawah 5 tahun.

3. Pelaku dari parodi  Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Kepolisian jawa barat telah menangkap pelaku parodi indonesia raya. Kasus ini dapat di temukan atas kerja sama yang dilakukan oleh Bareskrim Polri dan juga Polis Diraja Malaysia.

karena informasi yang di dapat itu pada hari kamis kemarin (31/12) kemarin, pihak kepolisian pun turun tangan. Akibat video yang di unggahnya ia terancam telah melanggar UU ITE karena telah menyebarkan informasi yang tidak benar. Hal ini sama saja merendahkan kehormatan dari suatu lagu kebangsaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *