Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

BPPTKG Yogyakarta Katakan Kubah Lava Gunung Merapi Sudah Terbentuk

1 min read
2282931801 - BPPTKG Yogyakarta Katakan Kubah Lava Gunung Merapi Sudah Terbentuk

Ituaja.com – BPPTKG Yogyakarta melakukan pengamatan intensif terhadap perkembangan aktivitas vulkanik di Gunung Merapi. BPPTKG menyebut kubah lava Gunung Merapi mulai terbentuk pada tanggal 4 Januari 2021.

Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida menyebut jika kubah lava baru berada kawah sisi barat daya. Hanik menuturkan jika kubah lava berada di pinggir sehingga tidak stabil.

“Kubah lava baru mulai teramati pada 4 Januari 2021. Tentunya karena posisi (kubah lava) di lereng, ini menjadi tidak stabil,” ujar Hanik, Sabtu (9/1).

Hanik menerangkan jika kondisi kubah yang stabil ini membuat magma yang keluar langsung menjadi lava pijar atau guguran lava. Kondisi kubah lava Gunung Merapi di tahun 2021 ini disebut Hanik berbeda dari periode-periode sebelumnya.

“Posisi (kubah lava) ini tidak stabil. Begitu lava muncul langsung menjadi lava pijar,” ucap Hanik.

“Jadi ini berbeda dengan kubah lava 2018 atau kubah lava sebelumnya yang posisinya di tengah tapi tidak terlalu di lereng. Biasanya pada saat (kubah) lava awal muncul, ini belum terjadi guguran lava pijar,” sambung Hanik.

Hanik menerangkan jika guguran lava masih akan terus terjadi selama masih ada pergerakan magma di dalam yang menuju ke permukaan. Indikasi lain masih akan terjadi guguran lava, kata Hanik nampak dari data seismisitas yang masih tinggi di Gunung Merapi.

Terkait volume kubah lava, Hanik mengakui jika saat ini BPPTKG Yogyakarta belum bisa menghitung volumenya. Hanik menjelaskan jika volume kubah lava masih sangat kecil untuk dihitung.

“Kita belum bisa menghitung karena limitasinya untuk dihitung (masih kecil). Karena posisinya di lereng dan masih kecil, ketinggiannya pendek. Kita belum bisa menyampaikan volume kubah lavanya,” urai Hanik. [gil]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *