Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Bentrok Di Perbatasan Himalaya, India Akan Rapat Virtual dengan China & Rusia 23 Juni

2 min read
Bentrok Di Perbatasan Himalaya, India Akan Rapat Virtual dengan China & Rusia 23 Juni

Ituaja.com– India akan mengambil bagian dalam pertemuan trilateral secara virtual dengan Rusia dan China pada 23 Juni. Pertemuan ini dilakukan usai terjadi bentrokan antara pasukan India dan China di perbatasan Himalaya.

Dalam konflik yang terjadi pada 17 Juni, India melaporkan 20 pasukannya tewas terbunuh. India menyebut, tentara China menggunakan batu dan tongkat kayu yang ujungnya dipasangi paku untuk menyerang pasukan India.


Baca Juga:

Pengendara Motor Tewas Mengenaskan Usai Tesangkut Benang Layangan

Abaikan Kemarahan Donald Trump, Sri Mulyani Tetap Tagih Pajak Netflix

Ilmuan Singapura Lakukan Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Manusia Bulan Agustus


Saat ini, kedua belah pihak berusaha meredam situasi dengan terus memantau kondisi para tentara. Terutama kondisi di Pangong Tso, wilayah terjadinya gesekan dalam beberapa pekan terakhir. Menlu India, Subrahmanyam Jaishankar, juga sempat menghubungi Menlu China, Wang Yi.

Rabu lalu, Menlu Rusia, Sergei Lavrov, menyambut baik rencana China dan India yang ingin meredam konflik. Menurutnya, Presiden Vladimir Putin memiliki hubungan dekat dengan Presiden China, Xi Jinping, dan PM India, Narendra Modi.

“Baik China dan India adalah mitra yang sangat dekat bagi kami. Kami memperhatikan dengan saksama apa yang terjadi di perbatasan China-India,” kata Lavrov dilansir AFP.

“Kami percaya mereka mampu dengan sendirinya mengambil langkah-langkah sehingga situasi seperti ini tidak terjadi lagi, agar wilayah ini aman bagi rakyat China dan India,” tuturnya.

Kendati demikian, India dan China masih saling menyalahkan atas konflik berkepanjangan yang sudah terjadi selama 40 tahun tersebut. China mengklaim Arunachal Pradesh sebagai bagian dari wilayah selatan Tibet. Akan tetapi, India menolak klaim tersebut. Pertempuran India dan China di perbatasan Ladakh yang tengah bersengketa ini telah terjadi sejak tahun 1962.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *