Fri. Jan 8th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Bau Mulut Saat Berpuasa? Ini tips Mengatasinya

2 min read
Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Ilustrasi Bau Mulut

ituaja.com – Dibulan suci ramadahan yang selalu dinanti oleh para umat muslim telah tiba. Namun terdapat tantangan yang harus dihadapi yang sebenarnya bukan hanya menahan haus dan lapar.

Bau mulut sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi saat umat muslim berpuasa. Sebab, saat kondisi tersebut jumlah produksi air lir dimulut akan sangat berkurang yang menimbulkan bakteri yang banyak hingga bau mulut tak sedap.

Namun tidak perlu khawatir karena terdapat 5 tips mengatasi bau mulut saat berpuasa berikut dibawah ini.


Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi bau mulu ketika berpuasa yaitu dengan mengkonsumsi buah ataupun sayuran sebanyak mungkin. Hal ini sudah dibuktikan oleh alodokter, yang menyarankan untuk makan buah dan sayur yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan air.

Pastikan juga mengkonsumsi sayuran sejenis brokoli, bayam, seledri, sawi hijau dan lainnya. Sedangkan buah lebih disarankan yaitu semangka, nanas, jeruk, dan apel.


Jangan Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Agar dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab bau , dengan membatasi asupan gula tinggi yang terdapat pada makanan.

Meskipun saat mencicipi makanan manis adalah dambaan orang ketika sahur maupun berbuka, namun kandungan gula yang berlebihan justru membuat mulut bau hingga gigi berlubang.

Konsumsi sayur dan buah lebih disarankan guna mengatasi bau mulu, karena selain itu juga lebih menyehatkan tubuh.


Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh kita sangat membutuhkan cairan agar sistem metabolisme bekerja dengan baik. Seperti saat air liur yang diproduksi didalam mulut untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Oleh karena itu, tips mengatasi bau mulut saat berpuasa yakni dengan minum air putih yang banyak sesaat akan menjalankan puasa. Minimal 8 gelas sangat membantu tubuh anda tetap terjaga dalam sehari.

Anda dapat mencukupi kebutuhan tersebut dengan memberikan porsi 2 gelas disaat sahur, 2 gelas untuk berbuka puasa dan 4 gelas sebelum beristirahat/ tidur.


Membersihkan area mulut dengan menyikat gigi

Memang, menyikat gigi merupakan hal yang sudah umum diajarkan, karena selain mulut yang bersih juga dapat menjaga kesehatan gigi. Lakukanlah secara rutin menjaga kebersihan area mulut dengan menyikat gigi disaat setelah sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, terdapat lidah yang harus ikut dibersihkan sambil menyikat gigi dengan alat yang tersedia. Bahkan obat kumur saat ini tersedia untuk sekedar membersihkan mulut agar masalah ini bisa teratasi.

Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol dan itu patut diperhatikan. Sebab, jika terdapat alkohol justru membuat produksi air liur berkurang dan mulut terasa kering bahkan bau tidak sedap akan datang kembali.


Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan opsi terakhir dan paling tepat yang memang harus anda terapkan agar terhindar dari mulut bau. Karena terdapat kandungan tembakau pada rokok yang bisa memicu bau mulut.

Tidak hanya itu, kebiasaan merokok juga tidak baik untuk kesehatan mulut selama berpuasa, bahkan bisa meningkatkan resiko terjadinya radang gusi atau gangguan pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *