Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Bahaya Makan Roti Berjamur

2 min read
BAHAYA DARI MAKAN ROTI BERJAMUR

Roti Berjamur


Ituaja   Mungkin karena makan dengan buru-buru sehingga telat menyadari bahwa roti yang kamu makan telah berjamur. Jika sudah masuk ke perut, apa bahayanya ya?

Untuk diketahui, pertumbuhan jamur pada roti tidak seperti apa yang terlihat. Pada jamur ada bagian yang bisa dilihat mata dan ada juga bagian yang hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Science Insider menganalogikan jamur seperti pohon yang tumbuh di hutan.

Bagian yang terlihat mata adalah batang dan tudung yang tumbuh di permukaan. Sebagaimana pohon, jamur juga punya akar yang tumbuh tersembunyi dan disebut hyphae. Itulah yang sebenarnya terjadi pada sebuah roti yang ditumbuhi jamur.

Walau ada bagian roti yang bersih dan tidak berjamur, bagian tersebut sebenarnya adalah tempat menjalarnya akar jamur. Oleh karena itu, buanglah roti bulat-bulat ketika sudah ada jamur yang muncul. Jamur pada roti tidak boleh dikonsumsi karena jamur ini punya sifat berbeda dibandingkan dengan jamur keju.

main qimg a9f90f15d5b2adde7d32efab34c20eb8 - Bahaya Makan Roti Berjamur

Pada keju yang sudah berjamur biru, kita tetap boleh menyantapnya karena jamur itu bermanfaat bagi tubuh. Jamur biru yang terdiri dari jenis penicillium roqueforti dan penicillium glaucum bersifat anti bakteri. Jamur-jamur tersebut juga mampu membunuh patogen di dalam tubuh.

Sebaliknya, jamur yang tumbuh di roti bersifat racun dan kadang mematikan. Ini karena jamur roti mengandung mikotoksin. Rhizopus stolonifer umumnya membuat roti berubah warna menjadi hitam dan mengakibatkan infeksi usus jika tertelan.

penicillium paecilomyces aspergillus 2 638 - Bahaya Makan Roti Berjamur

Sebenarnya, bahaya dari makan roti berjamur tergantung pada jenis jamur yang ada pada makanan tersebut. Ada beberapa jenis jamur yang bisa menyebabkan keracunan makanan dan penyakit berbahaya lainnya, seperti salmonella.

Selain itu, hanya menghirup roti yang sudah berjamur pun dapat menimbulkan masalah bagi saluran pernapasan Anda. Ketika Anda menghirup udara sekitar roti tersebut, kemungkinan besar hidung juga menarik spora dari jamur.

Baca JugaSIAP-SIAP! BLOKIR IMEI PONSEL ILEGAL BERLAKU 18 APRIL 2020

Akibatnya, spora tersebut dapat menyebabkan masalah pernapasan, seperti asma, terutama bagi Anda yang alergi terhadap jamur.

Roti yang berjamur juga dapat menyebabkan iritasi pada mulut, hidung, dan tenggorokan. Bahkan, jenis jamur seperti Stachybotrys chartarum pun bisa mengakibatkan perdarahan, nekrosis kulit, dan kematian.

Bahkan, menurut penelitian dari International Journal of Applied and Basic Medical Research mengungkapkan ada kondisi tertentu yang juga memengaruhi tingkat bahaya dari masalah ini.

meng - Bahaya Makan Roti Berjamur

Misalnya, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti penyandang diabetes, rentan terhadap infeksi akibat menghirup Rhizopus dari roti. Walaupun termasuk langka, infeksi tersebut cukup membahayakan nyawa.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari kemungkinan terburuk ya 🙂

– Terdapat darah pada BAB dan ketika muntah
– Diare berlangsung lebih dari tiga hari
– Demam dengan suhu lebih 38°C
– Dehidrasi dan lebih jarang buang air kecil
– Sering kesemutan dan penglihatan kabur

Baca Juga : Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi Virus Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *