Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Alasan Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS

1 min read
Alasan Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS

Alasan Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS

Ituaja – Nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dollar AS, pelemahan rupiah didorong kekhawatiran investor global terhadapat penyebaran Virus Corona. Mata uang negeri Paman Sam menyentuh level 15.980, Kamis ( 19/3/2020 ) Sore dan terus meningkat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Wiwiek Sisto Widayat mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah terutama disebabkan oleh kondisi dan pengaruh faktor eksternal, dimana para investor di pasar uang saat ini menghadapi ketidakpastian dan tekanan yang sangat besar.

”Ketidakpastian yang tinngi ini menyebabkan premi resiko yang tinggi, sehingga banyak investor global yang melepas asetnya. Saat ini juga terjadi capital flight to quality. Dalam kondisi ketidakpastian ini banyak investor yang beralih memegang uang tunai. Saat ini cash in the king. Selain itu likuiditas perbankan juga sedang bertambah besar terutama dari buyback obligasi pemerintah, penurunan GWM (Giro Wajib Minimum) baik valas maupun rupiah ” ucap Wiwiek.

Dampak dari Covid-19 yang merebak dengan sangat cepat dan merambah ke banyak negara-negara antara lain Tiongkok, Asia, Eropa dan AS merupakan faktor yang menyebabkan naik turunnya nilai tukar rupiah atau bisa kita sebut sebagai faktor eksternal dan internal.

Seperti yang diketahui, Indeks saham AS mengalami penurunan tajam dari biasanya dan menimbulkan resiko ekonomi yang lebih tinggi dan investor yang keluar dari Indonesia merupakan investor Portfolio yang banyak memegang saham dan obligasi negara.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *