Sat. Jan 9th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

Abu Vulkanik Gunung Sinabung Diprediksi Sampai ke Malaysia

1 min read
Abu Vulkanik Gunung Sinabung Diprediksi Sampai ke Malaysia

Abu Vulkanik Gunung Sinabung Diprediksi Sampai ke Malaysia

ituaja.comKantor Meteorologi Malaysia Kementrian Alam Sekitar dan Air memprediksi letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8/2020), akan sampai ke ruang udara Malaysia.

“Asap debu gunung berapi tersebut diperkirakan memasuki ruang udara negara di utara Selat Melaka dan negeri-negeri di utara serta timur Semenanjung Malaysia,” ujar siaran pers yang diterbitkan lembaga tersebut, dikutip dari ANTARA.

Negara-negara bagian (negeri) yang terdampak adalah Perak, Kedah, Perlis, Pulau Pinang, Kelantan, Terengganu dan Pahang.

Mereka memperkirakan asap debu gunung akan memasuki Malaysia Senin (10/8/2020) malam dan berdampak pada operasi penerbangan pada jarak 1.500 hingga 5.000 meter.

Siaran pers tersebut menyebutkan, berdasarkan pada model trajektori hysplit dari Kantor Meteorologi Malaysia dan ramalan Pusat Peringatan Debu Gunung Berapi Daerah (VAAC) Darwin Australia masyarakat tidak perlu bimbang karena tidak akan berdampak ke kualitas udara di Malaysia.

Mereka menyebutkan tidak ada dampak gempa bumi dan tsunami diprediksi melanda Malaysia akibat letusan gunung berapi tersebut. Keadaan Indeks Pencemaran Udara (IPU) saat ini menunjukkan kualitas udara yang biasa.

Mereka mengimbau warga agar senantiasa peka dengan informasi yang dikeluarkan oleh Kantor Meteorologi Malaysia melalui laman website resmi myCuaca dan media sosial.


Baca Juga:

Nyeri Pinggul? Atasi dengan 6 Peregangan Ini

Diretas Anonim, Sebanyak 20GB File Rahasia Milik Intel berhasil Dicuri!

11 Cara Atasi Muka Berminyak, Agar Terbebas Dari Jerawat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *