Thu. Jan 7th, 2021

Itu Aja

Blog Informasi, Artikel Seru, Promo Menarik

6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

3 min read
6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

Cloud ear fungus (Jamur kuping hitam)


ituaja– Manfaat jamur hitam memang belum banyak diketahui masyarakat. Dari mendengar namanya saja, jamur hitam terdengar seperti sesuatu yang tidak menarik untuk dikonsumsi, padahal jamur hitam memiliki kaya manfaat yang berguna bagi tubuh manusia.

Auricularia polytricha atau jamur adalah sebuah jamur liar yang ternyata dapat dikonsumsi. Terbukti, jamur hitam ini sudah banyak dikonsumsi di China. Memiliki warna cokelat tua dan bertekstur kenyal jamur ini juga disebut kuping awan atau telinga kayu.

Jamur hitam mampu tumbuh dengan sangat baik di negara-negara yang beriklim tropis seperti India, Kepulauan Pasifik, Nigeria, Hawaii, termasuk Indonesia. Biasanya, jamur ini tumbuh di bagian batang pohon atau kayu gelondongan.

images sayuran Tumis brokoli jamur kuping - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan
Olahan dengan Jamur Kuping Hitam

 

Di Tiongkok, jamur ini telah dipercaya manfaatnya sebagai pengobatan tradisional selama ratusan tahun lamanya. Kandungan nutrisi di dalam jamur hitam membuatnya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja?

Berikut adalah rangkuman ituaja.com tentang 6 manfaat jamur hitam bagi kesehatan dari berbagai sumber:

 

Melindungi Hati

Tips Menjaga Kesehatan Hati - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat jamur hitam yang pertama adalah dapat melindungi hati. Jamur hitam ini memang dipercaya dapat melindungi hati dari beberapa zat bahaya tertentu. Dengan mencampurkan bubuk jamur hitam dengan air, ternyata mampu mengembalikan dan melindungi hati dari terjadinya kerusakan akibat overdosis acetaminophen. Zat kimia tersebut umumnya terkandung dalam obat penurun demam dan rasa sakit. Dengan mengonsumsi jamur hitam, kerusakan hati Anda dapat sembuhkan dan pulih kembali.

Tingkatkan Kesehatan Usus

istock 1063752208 ratio 16x9 - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Jamur hitam dapat membuat kesehatan usus manusia menjadi meningkat. Hal ini karena jamur hitam adalah sumber prebiotik sangat baik. Terdapat sejenis serat yang mampu memberi makan bakteri baik dalam usus Anda. Dengan begitu, usus akan terbantu dalam menghasilkan nutrisi guna meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda juga menjaga usus agar selalu dalam kondisi yang teratur.

 

 

 

 

 

Baca Juga :  Makanan Peningkat Imun Tubuh Untuk Cegah Corona

 

Menurunkan Kolesterol Jahat

kolesterol 20180618 091443 - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Tak hanya dapat meningkatkan kesehatan usus, jamur hitam juga memiliki khasiat baik untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh Anda. Jamur hitam teryata memiliki kandungan antioksidan kuat dengan jumlah yang sangat tinggi.

Antioksidan tersebut memiliki peran penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh Anda dengan jumlah yang signifikan, hal ini telah diterbitkan oleh sebuah penelitian di International Journal of Medical Mushrooms. Mengonsumsi jamur hitam juga dipercaya dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung kronis pada tubuh Anda.

Hambat Tumbuhnya Bakteri

8d1015fcd3090e834df871d41e9bb82bb604af64 - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Kandungan sifat antimikroba dalam jamur hitam membuatnya dapat menangkal peregangan bakteri tertentu, hal ini telah disampaikan dalam sebuah studi di tahun 2015 lalu. Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa jamur hitam memiliki kemampuan yang dapat melakukan blokir pada pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus dan juga bakteri E.coli yang dapat membuat tubuh Anda mengalami infeksi.

 

 

 

 

Cegah Penyakit Kronis

cc2d76db 8c28 4084 af9d 85b279a97feb - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan jamur hitam memiliki senyawa antioksidan guna membantu tubuh untuk lawan radikal bebas serta melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. Dengan begitu, jamur hitam dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis seperti kanker maupun penyakit jantung misalnya.

Menurunkan berat badan

punya berat badan ideal saja belum tentu sehat - 6 Manfaat Jamur Hitam Bagi Kesehatan,Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat serta pektin dalam jamur hitam ini diduga dapat membantu tubuh Anda agar tidak mengalami obesitas atau berat badan berlebih. Mengonsumsi jamur hitam dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan cegah penyerapan lemak tubuh. Jadi ini sangat efektif untuk dikonsumsi ketika Anda melakukan program diet.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *